Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#sosial

Klaster Perkantoran Dki Jakarta Muncul, Ini Penyebabnya

68 perkantoran di DKI jadi klaster virus Corona (COVID-19). Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta membenarkan angka klaster perkantoran DKI Jakarta.

Indra Dahfaldi  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

68 perkantoran di DKI jadi klaster virus Corona (COVID-19). Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta membenarkan angka klaster perkantoran DKI Jakarta.  440 pekerja diisolasi lantaran positif COVID-19. Dekan Fakultas Kedokteran UI Ari Fahrial Syam mengatakan banyak kasus Covid-19 di perkantoran  tanpa gejala.

Seperti dilansir Sindonews.com, Ari mengatakan munculnya perkantoran sebagai klaster baru karena sejumlah faktor. Salah satunya karyawan yang abai akan protokol kesehatan yang berlaku. “Karyawan abai saat berinteraksi di antara mereka. Terutama saat berada di pantry atau saat ngobrol tanpa physical distancing,” ucapnya. 

Dengan diabaikannya protokol yang berlaku membuat penularan dengan mudah terjadi di perkantoran. Karena saat ini banyak kantor sudah memberlakukan sistem bekerja kembali di kantor.

Banyak pekerja menilai diri mereka sehat. Padahal, Covid-19 bisa memapari mereka dengan tanpa gejala. Sayangnya hal itu kurang disadari oleh warga. “Mereka menyangka mereka sehat sehingga lupa ternyata ada orang tanpa gejala,” ujar Ari.

Dengan kondisi ini, maka tindakan tegas harus diambil oleh pemerintah. “Pemerintah harus melakukan law enforcement yang tegas buat yang abai dalam melaksanakan protokol kesehatan. Ini berlaku di beberapa negara tetangga,” katanya.

Baca Selengkapnya
Add comment
Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation