Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#sosial

Bulan Puasa, Kita Masih Bisa Masturbasi Tengah Malam Kok

Pasti malu kan tengah malam mandi terus ditanyain orang tua? Mandi wajib buat puasa bisa dilakukan subuh kok. Perhatikan ketentuannya yaa

Reza Rizaldy  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

“Biar paginya bisa tetap puasa, sedikit tips buat hindari mandi tengah malam biar gak ditanyain orang tua”

Sebuah konten meme di akun Instagram bercandaan benar-benar membuat saya tertawa terbahak-bahak. Gambarnya seorang anak kecil sedang mandi dengan dialog bubble berisi pernyataan konyol. Ceritanya anak tersebut sedang mandi dan dipanggil sama ibunya dari luar kamar mandi. “Tong, ngapain mandi tengah malam begini,” dialog ibu dalam bubble. Anaknya lalu menjawa sekonyong-konyongnya “Maklum mak bulan puasa,”. Dalam gambar yang sama ada juga bubble kalau anak tersebut membaca niat mani wajib dan tata caranya.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Fenomena tengah malam

Baca Selengkapnya

Kalian gak usah mengelak gitu deh, ini pasti keresahan anak muda keseringan gabut tengah malam pada bulan puasa, ngisi kegabutan pasti onani. Bukan perkara kuat atau gak tahan haus dan lapar di siang bolong. Itu sih, pikiran anak SD, yang lebih penting adalah apakah kita masih bisa masturbasi tengah malam? Haruskah mandi wajib jelang sahur yang kemungkinan bakal ditanyain emak ngapain maandi wajib tengah malam.

Kalau kalian memang gak enak hati sama kakak, nyokap atau bokap karena mandi tengah malam, bisa mandi wajib sebelum pas mau solat subuh. Kalian kan bisa tuh beralasan mandi dulu biar makin suci sebelum solat.

Saya tetap gak mengajurkan kalian untuk masturbasi, tapi balik lagi soal komitmen itu diluar kehendak saya. Jika ingin tetap beribadah puasa ini ada sedikit tips agar bisa tetap puasa sehabis onani tengah malam.

Hal-hal Yang Mengharuskan Kalian Mandi Wajib

Kadang kita juga merasa bingung ukuran apa yang mengharuskan kita mandi wajib. Sering kali ketika baru buka video bokep, sudah larut dalam hawa nafsu, tiba-tiba teringat bahwa besok masih harus menjalani puasa. Akhirnya kegiatan onani kandas, terus dalam kondisi seperti ini harus kah mandi wajib sebelum jalani puasa?

Yang perlu dikenali pertama adalah pahami ketiga jenis air mani yang najis keluar dari kelamin manusia. Ada madzi, wadzi dan mani. Para ulama fikih berpendapat madzi adalah cairan putih, tidak kental keluar dari kelamin baik laki-laki maupun perempuan1. Biasanya cairan ini keluar tanpa disengaja atau tanpa hawa nafsu yang kuat. Biasanya terjadi pada anak muda yang sedang berhawa nafsu. Kalau wadzi cairan yang keluar diiringi saat kita kencing. Nah, wadzi ini biasanya keluar dari kelamin ketika kalian sedang nonton video porno.

Keduanya memiliki hukum najis dan perlu mensucikan diri. Namun, dalam kondisi setelah mengeluarkan dua jenis cairan ini, cukup mensucikan diri dengan membasuh kelamin dengan air bersih. Kalau mau beribadah seperti solat, baca Al-Qur’an atau puasa, cukup didahului dengan wudhu.

Terus ada cairan mani atau sperma. Ilmuwan fikih mencirikan sperma adalah bila basah baunya seperti adonan roti, kalau kering kaya bau telur. Lalu keluar dengan cara yang muncrat dan disertai sensasi nikmat. Jika sudah keluar cairan dengan ciri-ciri seperti ini maka diwajibkan mandi wajib. Baik keluar secara sengaja saat lakukan onani atau seks maupun saat mimpi basah.

Kalau perempuan ada tambahan. Selain cairan yang disebutkan di atas, perempuan dalam kondisi sehabis haid, nifas dan melahirkan harus mandi wajib.

Tonton juga:

Limbah makanan jadi masalah serius di Indonesia. Belum pada nyadarin yah?

Waktu yang Tepat Mandi Wajib

Sebenarnya waktu yang paling tepat untuk menjalankan mandi wajib untuk mensucikan diri adalah secepatnya. Tapi perkara malu sama orang tua ditanyain mandi tengah malam, mandi wajib pun urung dan menundanya hingga jelang subuh atau pagi hari.

Ketua Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) Jawa Tengah, Wahid Ahmadi mengatakan puasa dalam keadaan junub atau belum mandi wajib sah dilakukan. Mandi wajib setelah imsak juga masih bisa dilakukan hingga pagi hari ( Tapi kalau pagi, salat subuhnya bisa kelewat). Wahid mencontohkan jika seseorang tidak sempat makan sahur dan terbangun setelah adzan subuh, maka orang tersebut bisa lanjutkan puasa. “Nah, itu tidak apa-apa. Dia mandi wajib dulu kemudian wudu, kemudian salat subuh. Setelah itu puasa jalan tidak ada masalah,” terangnya2.

Landasan ini juga diperkuat dari kisah Aisyah dan Ummu Salamah, dua istri Nabi Muhammad. “Rasulullah pernah berhadas besar (junub) pada waktu subuh di bulan Ramadan karena malamnya bersetubuh, bukan karena mimpi. Lalu beliau tetap berpuasa tanpa mandi sebelum fajar,” (H.R Muslim).

Jika kalian terbangun pada saat makan sahur serta waktunya mepet masih dalam keadaan junub, maka disarankan terlebih dahulu untuk berwudhu dan membasuh kelamin. Karena dimakruhkan makan dan minum dalam rangka sahur jika belum membasuh kemaluan dan berwudhu (Hadits. Syekh Ibnu Hajar al-Haitami)3.

Ramadan tahun ini terasa lebih berat atau gak?
Berat karena ada COVID-19
Gak, sama aja kayak dulu
360 votes

Jadi, mandi wajib bisa dilakukan setelah imsak dan jelang salat subuh. Kalau kalian tengah malam masturbasi dan bangun di pagi hari, jika berniat puasa lanjutkan saja. Namun, segera mungkin untuk mandi wajib karena dalam beribadah termasuk puasa diharuskan dalam keadaan suci.

Agar ibadah puasa lebih afdol lebih baik tidak melakukan masturbasi terlebih dahulu. Karena bagaimanapun juga puasa adalah ibadah dalam menahan nafsu yang ada dalam diri manusia.

Add comment
Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation