Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Media
#sosial

Kok Ojol Aja yang Dibantu, Sopir Angkutan Umum Gimana?

Ojek online telah menerima bantuan sosial baik dari pemerintah dan BUMN. Padahal ada angkutan umum yang juga terdampak COVID-19. Bagaimana bantuan untuk mereka?

Reza Rizaldy  |  
Lonjakan Kasus Covid-19 Naik Saat Libur Panjang. Apa yang Harus Dilakukan Pemerintah?

“Nasib sopir angkot tak sebaik sopir ojol di tengah COVID-19”

Ojek online memang salah satu transportasi umum yang ekonominya terdampak karena Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) guna kurangi penyebarab COVID-19. Program bantuan dengan tema ‘Sisihkan Uang Transportasi ke Kantormu untuk Ojol’ pun muncul untuk bantu ojol. Caranya macam-macam mulai dari bantuan langsung atau pesan makanan via aplikasi terus buat abangnya. Terus gimana nasib pengemudi transportasi umum lain seperti angkot, bus, truk dan bajaj?

Bantuan untuk ojol di tengah pandemi corona gak cuma itu, ‘balang ijo’ juga dapat bantuan cashback 50% untuk pembelian BBM bersubsidi. Ini menjadikan ojol satu-satunya layanan transportasi umum yang dapat bantuan seperti ini. Direktur Utama PT Pertamina, Nicke Widyawati bilang program ini akan berlangsung selama 3 bulan ke depan. Pertamina siap kucurkan dana promo sebesar Rp 13,5 miliar untuk 10 ribu ojol dengan maksimal pembelian Rp 15 ribu/hari. “Diharapkan program yang berjalan 3 bulan ke depan (14 April-12 Juli 2020) ini bisa meringankan beban biaya yang harus dikeluarkan ojol dalam menjalankan pekerjaannya,” dalam keterangan tertulisnya2.

Baca Selengkapnya
Add comment
Mau menayangkan konten kami? Cek  
Panduan Republikasi
Recommendation