3 Tips Memilih Presiden dari Pandji Pragiwaksono Biar Gak Golput | OPINI.id
3 Tips Memilih Presiden dari Pandji Pragiwaksono Biar Gak Golput

Pemilihan presiden tinggal hitungan hari, kalau kamu masih belum punya pilihan, tips dari Pandji Pragiwaksono bisa jadi panduan buat kamu.

Aktor dan komika, Pandji Pragiwaksono memberikan tiga tips alasan penting untuk menentukan pilihan presiden yang akan berlangsung pada 17 April 2019 mendatang.

Dalam kanal YouTube pribadinya yang diunggah pada Minggu (14/04/19), ia memaparkan tiga alasan penting dalam memilih presiden.

"Gue mau bilang bahwa gue sendiri akan memilih dan sekarang sudah punya pilihannya. Pertimbangan utamanya adalah logis. Bisa saja memilih dengan alasan tidak logis tapi tentunya tidak benar karena kualitas alasan enggak oke maka kualitas demokrasinya enggak oke," tutur Pandji membuka videonya.

Ia menjelaskan bahwa masyarakat yang sudah memiliki hak pilih untuk menentukan pilihannya secara logis dan semaksimal mungkin menghindari hal tidak logis.

"Alasan enggak logis, misal engga suka hidungnya gede, cara dia jalan, atau apalah gitu. Ya itu enggak logis gitu. Bahkan dapat inspirasi dari mimpi pun enggak logis," papar dia.

Kata Pandji, alasan memilih presiden harus lah logis dan berdasarkan dari apa yang diharapkan dari presiden republik indonesia kelak.

1. Karakter menentukan saat memimpin

Menurut Pandji, karakter diantara dua calon presiden sangat penting ketika nanti mereka memimpin.

"Alasan pertama adalah karakter seorang pemimpin itu krusial. Karakter seseorang bisa jadi gambaran akan gambaran kepemimpinan. Itu krusial. Jangan menganggap narasi kampanye adalah bagian dari karakter," papar Pandji.

Lanjut Pandji menekankan, narasi dalam kampanye kedua calon presiden tidak menentukan karakter pribadinya. Kebetulan kedua calon presiden, baik Jokowi maupun Prabowo sudah menampilan karakternya masing-masing.

2. Track record masa lalu

Selain karakter, penting juga untuk melihat masa lalu kedua calon pemimpin. Lihat dari apa yang sudah dilakukan ke belakang.

Namun antara Jokowi dan Prabowo memiliki latar belakang yang berbeda. Jokowi telah memiliki track record dalam pemerintahan, bisa baik maupun buruk. Sedangkan Prabowo belum memiliki track record dalam mengelola pemerintahan.

Pandji menjelaskan cara ideal untuk menilai track record kedua calon yaitu dengan mengikuti semua orang dari tim ses calon presiden.

"Gua pernah bilang, caranya adalah sebenarnya untuk follow semua orang dari tim ses. Semua orang yang lu rasa akan ngasih banyak informasi mengenai kedua calon presiden tersebut. Dengerin dan ambil informasi baiknya saja," ucap Pandji.

3. Program kerja

Lihat dari program kerja masing-masing. Ambil yang ada kaitannya sama kamu langsung.

"Sebenernya lu gak perlu tahu pertumbuhan ekonomi berapa persen, kenaikan inflasi berapa persen, terjaga inflasinya diangka berapa persen karena gak ada hubungannya sama lu langsung, apapun yang berhubungan dengan lo langsung, itu yang lo cari."

Pandji mencontohkan hal-hal yang berkaitan dengan dirinya langsung, baik berkaitan dengan pekerjaan, kehidupan dan hal-hal yang ia anggap penting.

"Bukan berarti janji-janji kedua calon presiden akan terlaksana tapi setidaknya, kedua-duanya sudah ngomongin itu dan sudah ada rencana menuju ke arah situ dan cukup penting untuk memasukkan dalam rencana."

Pandji melanjutkan, program yang sudah dibuat bisa ditagih apabila nantinya tidak terlaksana, yang sulit adalah kita tidak bisa menagih hal-hal yang sama sekali tidak disebut dalam program kedua calon presiden.

Pandji melanjutkan, "di luar itu pada kenyataannya ini beneran nih gue bukan mau ngejekin demokrasi, semua manusia menentukan dengan hatinya, otaknya yang membuat pembuktian terbalik pilihan hatinya," tutup Pandji.

Sudah ada klue untuk menentukan pilihan kan? Jangan golput ya! Yuk kasih tahu alasan kamu nyoblos di opini.id/gedein biar menginspirasi yang lain.

Bisa jadi suara kamu bakal ditampilkan di tiga titik LED Billboard di Jakarta yaitu, Sudirman, Slipi, Tol Bandara.

Ingat, tinggal hitungan hari, suara kamu sangat berarti untuk masa dengan bangsa ini.

Sudah punya pilihan kan sekarang?
Belum
Sudah
Mulai cari tahu
222 votes

Komentar (1)

Fresh