4 Komika yang Pernah Mendapat Kecaman Selain Panji Pragiwaksono | OPINI.id
4 Komika yang Pernah Mendapat Kecaman Selain Panji Pragiwaksono

Baru-baru ini salah satu komika sekaligus aktor, Panji Pragiwaksono mendapat kecaman setelah menyebut kucing sebagai hewan gembel dalam salah satu video World Tour Stand Up Comedy yang diunggah di kanal YouTube miliknya.

Dalam video yang sebelumnya berjudul 'Pandji Benci Hewan Gembel', Panji mengatakan bahwa kucing adalah hewan gembel karena suka mencari makanan di sampah serta sering mengganggu orang yang sedang makan.

"Gue sebut hewan-hewan yang gue benci ini adalah hewan gembel. Hewan yang kerjanya hidup dari sampah kita, yang kerjanya ngemis, minta-minta. Salah satu yang paling gembel adalah kucing. Kucing itu gembel banget kerjanya ngosek-ngosek sampah kalau di komplek, terus ganggu kita kalau lagi makan," kata Pandji Pragiwaksono membawakan materi stand upnya.

Video yang sudah ditonton lebih dari 9 ribu kali ini kemudian mendapat kecaman dari netizen yang menyebut dirinya pecinta kucing.

Sementara Panji sendiri telah memberikan klarifikasi bahwa ide untuk membawakan materi stand up mengenai kucing berasal dari para pecinta kucing dan animal feeder yang justru tidak terlalu mempermasalahkan hal tersebut.

Setelah melakukan sejumlah pertimbangan dan berdiskusi dengan Davina dari Garda Satwa Indonesia dan Willy, seorang pemerhati kucing, kini Pandji Pragiwaksono telah mengganti thumbnail dan judul video menjadi 'Pandji dan Cicak Ninja' dengan harapan tidak menyinggung pihak-pihak tertentu.

Beberapa nama komika lain juga pernah mendapat kecaman, di antaranya:

1. Coki Pardede dan Tretan Muslim mendapat kecaman karena konten memasak

Coki Pardede dan Tretan Muslim (Coki Muslim) mendapat kecaman setelah mengunggah video memasak daging babi dengan campuran kurma di YouTube channel milik Tretan Muslim yaitu Tretan Universe.

Dalam video, Tretan berkata, "Untuk pertama kalinya dalam hidup saya melihat daging babi. Nggak bau ya (pas cium daging babi). Coba kita dengarkan, neraka, neraka, api neraka, babi ini neraka. Saya akan memasak daging babi. Ini keren ya seorang chef memasak tanpa dicicipi. Kalau orang Islam bagian terbaik dari babi, dibuang. Tidak ada yang terbaik dari alharamin. Karena daging babi haram, kita akan campurin unsur-unsur Arab, kurma dan madu. Sangat Arab, sangat Timur Tengah sekali. Kira-kira apa yang terjadi makanan haram babi ini dicampur dengan makanan barokah dari kurma dan madu," ucap Muslim dalam videonya tersebut.

Sontak banyak pihak merasa tersinggung dengan konten tersebut dan menganggap Coki dan Muslim menistakan agama. Tak hanya diserang netizen di dunia maya, Coki Muslim pun mendapat teror dan ancaman pembunuhan dari organisasi masyarakat yang menganggap mereka telah menodai agama termasuk ancaman kepada keluarga mereka sendiri.

Meski hingga kini Coki Muslim masih bingung di mana letak penodaan agama, mereka tetap melakukan permohonan maaf kepada semua pihak yang merasa tersinggung. Muslim menjelaskan video yang dibuat tidak bermaksud untuk menyinggung siapa pun.

2. Barry Williem mendapat kecaman dari Komunitas Musang Bekasi

Pada 2018 lalu, Barry Williem melakukan stand up comedi dalam channel YouTube Komtung TV. Dalam stand up tersebut, Barry membawakan keresahan saat diminta menjadi MC disalah satu acara Hari Komunitas Bekasi. Salah satu komunitas yang menurutnya aneh adalah Komunitas Musang Bekasi.

"Kita nih Komunitas Standup tiap minggu ngumpul, enak gitu. Eh Gue baru nulis materi baru nih, nanti gue mau latihanin ah, siapa tahu lucu kan, misalnya dipanggil masuk TV. Komunitas Musang, tiap minggu ngumpul ngapain? Liat nih musang gue sekarang nih, udah bisa stand up."

Barry kemudian menjelaskan keahlian musang hanya bisa jalan di kabel.

Komunitas Musang Bekasi merasa tersinggung dan memanggil Barry untuk meminta maaf dan melakukan klarifikasi atas materi Barry tersebut. Sementara banyak netizen justru membela Barry dan menganggap komunitas musang tersebut terlalu berlebihan.

3. Joshua Suherman mendapat kecaman saat membawakan materi tentang Annisa (ex Cherrybelle)

Awal tahun 2018, salah satu stand up komedian yang mengawali karier sebagai penyanyi cilik, Joshua Suherman juga pernah menjadi sorotan publik.

Saat itu Joshua dalam materi stand upnya, ia membandingkan anggota girl band, yaitu antara Cherly dengan Annisa. Joshua menyebut Annisa lebih unggul dibandingkan Cherly.

“Orang zaman dulu semua mata laki-laki tertuju pada Annisa ya kan semuanya Annisa (ex Cherrybelle). Padahal skillnya Annisa yah tipis-tipis ya kan? Skill nge-dance tipis-tipis, cantik relatif. Kenapa gue mikir kenapa Annisa selalu lebih unggul dari Cherly? Sekarang gue ketemu jawabannya. Makanya Che, Islam, karena di Indonesia ini ada hal yang tidak bisa dikalahkan dengan apapun, mayoritas,” ujar Joshua.

Tak hanya dihujat oleh netizen, Josua juga dipolisikan oleh Forum Umat Islam Bersatu (FUIB). Ia dianggap menistakan agama karena materi lawakan yang dibawakannya.

4. Ge Pamungkas mendapat kecaman saat membawakan materi banjir Jakarta

Materi stand up Ge Pamungkas juga sempat membuat heboh publik. Materi yang dibawakan mengenai permasalahan klasik Ibu Kota, Banjir yang menimpa Jakarta.

“Dulu nih, Jakarta banjir. Apa coba itu, Weh, netizen itu, ini gara-gara azab. Lalu masa kepemimpinan di DKI yang baru saat ini, warga DKI mengatakan bahwa banjir saat ini adalah cobaan dari Tuhan. Wah ini adalah cobaan dari Allah SWT," kata Ge yang disambut tepuk tangan para penonton.

"Sesungguhnya Allah akan memberikan cobaan kepada yang dicintai, Cintai Apaan! Itu orang enak-enak, cobaan," lanjut Ge.

Materi yang dianggap mengandung unsur SARA tersebut juga dipolisikan oleh FUIB.

Ge Pamungkas kemudian membuat permintaan maaf dan klarifikasi yang menyatakan bahwa "konteks dari omongan saya tentunya tidak menghina Allah SWT, melainkan sifat manusia yang masih double standard dalam melihat agama/ ras orang yang dianutnya."

Komika yang pernah mendapat kecaman tidak hanya menimpa komedian di atas saja. Selain itu masih banyak nama-nama seperti Uus dan Ernest Prakarsa yang materinya dianggap mengandung unsur SARA. Muhadkly Acho juga pernah dipolisikan karena dianggap melakukan pencemaran nama baik apartemen Green Pramuka setelah menyuarakan fakta terkait keresahannya mengenai apartemen tersebut.

Sepertinya komedian tidak akan terlepas dari ketersinggungan semua orang karena tiap komika punya keresahannya masing-masing. Kadang-kadang keresahan komika tersebut dianggap tidak baik untuk dibahas oleh orang lain. Memang rumit ya, ternyata. Tersinggung atau tidak tersinggung dalam komedian seperti love hate relationship.

Menurut kamu bisa gak komedian lepas dari masalah ketersinggungan?
Enggak bisa
Bisa
198 votes

Komentar

Fresh