Situs NASA Dijebol Pelajar Indonesia dalam Waktu Tiga Menit | OPINI.id
Situs NASA Dijebol Pelajar Indonesia dalam Waktu Tiga Menit

Tidak ada pelajaran komputer di tempatnya bersekolah. Semua dipelajari secara otodidak. Hanya butuh waktu tiga menit, Putra bisa bobol situs NASA.

Kemampuannya meretas situs patut diacungkan jempol. Meski ia bisa saja menggunakan keahliannya untuk hal apa pun, tetapi ia tidak pernah berniat menggunakan untuk merugikan orang lain. Putra Aji Adhari, saat ini masih duduk di bangku SMP sebuah madrasah di Tangerang.

Awal mula ketertarikan Putra pada dunia pemrograman hingga mampu menjebol situs NASA karena tertarik pada kisah sukses beberapa tokoh dunia. Putra menyebut nama-nama tokoh dunia seperti Bill Gates dan Mark Zuckerberg. Melalui dunia pemrograman, mereka bisa menjadi orang terkaya di dunia.

Putra tidak memiliki keluarga yang berlatar belakang dunia informatika, semua ia pelajari secara otodidak. Bahkan ia juga tak mendapatkan pelajaran komputer di sekolah. Sudah lebih dari seratus situs yang ia retas. Dari banyaknya situs-situs besar yang ia retas, yang paling berkesan adalah keberhasilannya meretas situs NASA.

Dalam sebuah video yang dibagikan Narasi Channel di akun YouTube, Putra menceritakan pengalamannya meretas situs NASA secara tak terduga.

"Paling berkesan adalah situs NASA karena pada saat saya melakukan penetration tersting itu di luar ekspektasi saya," terang Putra dalam video yang dibagikan Narasi Channel di YouTube pada Rabu (20/3) yang lalu. "Karena situs NASA itu pasti sulit apalagi developer-nya banyak banget, bahkan ribuan."

Putra berhasil masuk ke salah satu sistem keamanan milik pemerintah, hanya dalam waktu tiga menit saja. Tak ingin menggunakan keahliannya untuk hal negatif, Putra memilih menjadi bug hunter saja. Dengan memilih menjadi bug hunter, Putra mempelajari dan mencari kelemahan celah keamanan dan kemudian melaporkannya kepada pemilik situs web agar diperbaiki.

Sehari-hari, Putra hanyalah bocah biasa yang suka bermain game sepulang sekolah. Ia lantas tertarik untuk mempelajari dunia pemrograman dengan mencari informasi dari Google.

Kemampuan Putra meretas situs NASA merupakan sebuah prestasi yang dimiliki anak bangsa. Sayang, di tempatnya bersekolah justru tidak ada pelajaran komputer. Sudah seharusnya pemerintah memberi perhatian lebih untuk sekolah-sekolah yang belum memiliki pelajaran komputer.

Kamu dapat pelajaran komputer pas kapan?
SD
SMP
SMA
856 votes

Komentar (9)

Fresh