16 Ribu Siswa SD di Bandung Pecahkan Rekor Menulis Puisi | OPINI.id
16 Ribu Siswa SD di Bandung Pecahkan Rekor Menulis Puisi

Memberikan pengetahuan tentang indahnya karya dalam bentuk sastra tulis kepada anak-anak memang susah-susah gampang. Apalagi di zaman modern ini dengan berbagai kecanggihan teknologi, anak-anak sudah tak lagi bersahabat dengan seni sastra. Hingga gerakan literasi mulai ditingkatkan kembali kepada seluruh lapisan masyarakat.

Guna mengenalkan dan mendekatkan anak-anak dengan seni sastra, seperti dilansir republika.co.id, Minggu (24/3/2019), belasan ribuan siswa Sekolah Dasar (SD) di Kota Bandung, Jawa Barat mampu mencatatkan rekor baru menulis puisi terbanyak versi Original Record Indonesia (ORI). Dalam kurun waktu 10 menit terdata ada 16.153 siswa SD yang mampu menulis puisi dengan kalimat yang indah.  

Pemecahan rekor ini juga sebagai penanda dimulainya penyelenggaraan Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan 2019 dimana Kota Bandung menjadi tuan rumah acara tersebut. ‎Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan di Kota Bandung ini dihadiri kurang lebih 20.000 siswa SD, ribuan siswa SMP, SMA/SMK dan guru.

Pencapaian rekor ini mendapat apresiasi dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhadjir Effendy, yang juga hadir dalam acara tersebut. Mendikbud merasa tersanjung melihat masyarakat Kota Bandung menunjukan animo yang tinggi terhadap Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan 2019. Ia juga mengajak seluruh masyarakat Kota Bandung maupun warga di kota-kota lain untuk lebih giat lagi berliterasi.

Sementara itu, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial bersyukur kota Bandung terpilih menjadi tempat penyelenggaraan Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan 2019. Diharapkan acara ini bisa menjadi spirit untuk memajukan dunia pendidikan maupun kota Bandung maupun kota-kota di Indonesia lebih berpendidikan.  

Menurutnya, pendidikan dan kebudayaan yang kuat mampu mendorong peradaban manusia ke arah lebih baik. Ilmu yang dimiliki oleh setiap manusia kelak akan menyelamatkannya dalam kesulitan baik di dunia maupun di akhirat. Semua pihak sepakat jika Indonesia  bisa maju melalui pendidikan dan pengetahuan.

Melihat Bandung mendapatkan rekor dari Original Record Indonesia (ORI), pihaknya berharap Kota Bandung tidak hanya terkenal sebagai kota kreatif saja, namun juga terkenal sebagai Kota pendidikan. Acara ini merupakan bentuk sosialisasi capaian kemajuan pendidikan di Kota Bandung sekaligus menyampaikan capaian program Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) selama empat tahun terakhir.

Apa manfaat menulis puisi?
Menumbuhkan kreativitas, memberikan kenyamanan
Belajar berani berkarya, mengekspresikan karya seni
Keduanya benar
1 votes

Komentar

Fresh