4 Etika Dalam Debat | OPINI.id
4 Etika Dalam Debat

Mengacu kepada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) debat ialah pembahasan dan pertukaran pendapat mengenai suatu hal dengan saling memberi alasan untuk mempertahankan pendapat masing-masing.

Dalam debat, ada beberapa tujuan yang hendak dicapai. Pertama, memenangkan argumentasi diri atas orang lain. Kedua, menunjukkan kelebihan atau kebenaran argumentasi diri terhadap orang lain. Ketiga, menanggapi suatu persoalan dengan sudut pandang yang berbeda dengan orang lain.

Tidak hanya itu, debat juga memiliki etika yang harus dipegang oleh masing-masing peserta debat sepanjang acara. Apa saja etika-etika tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Bertanya Secara Serius

Politico.com

Kamu harus sungguh-sungguh bertanya kepada lawan debat, membandingkan paparannya dengan data-data yang memang sudah kamu himpun.

2. Tidak Menyerang atau Menyinggung Kekurangan Fisik

Rappler.com

Kedua, kamu tidak boleh menyerang atau menyinggung kekurangan fisik lawan debat. Dalam debat, hal yang diutamakan ialah pertarungan ide gagasan. Oleh sebab itu, ketika kamu ingin menyerang lawanmu dalam debat maka kamu harus menyerang ide gagasannya, bukan fisik lawan debatmu.

3. Bicara Berdasarkan Data dan Fakta

Macleans.ca

Untuk dapat mematahkan argumentasi lawanmu, kamu harus mengadu argumentasinya dengan data dan fakta. Jangan adu ide gagasan lawanmu dengan informasi-informasi yang belum jelas juntrungannya atau hoaks.

4. Patuhi Aturan Main

Bbc.com

Setiap pelaksanaan debat, pasti ada aturan main yang telah ditetapkan oleh penyelenggaranya. Mulai dari batas bicara, aturan menyanggah lawan debatmu, hingga tata cara bertanya. Kamu harus mengikuti segala aturan debat itu.

Mana yang lebih menarik perhatianmu?
Debat Cawapres
Debat Capres
5 votes

Sumber: https://www.quipper.com/id/blog/mapel/bahasa-indonesia/ulasan-pengertian-debat/ 

Penulis: Muhammad Khairil

Komentar

Fresh