Alasan Dieng dan Bromo Dingin Banget | OPINI.id
(Audio On)
Next Podcast

Alasan Dieng dan Bromo Dingin Banget

Gak cuma Dieng, Jawa Tengah yang mengalami embun es di pagi hari, di Bromo, Jawa Timur juga ada fenomena ini. Pada pagi hari padang pasir di kawasan Bromo tetutup dengan embun es putih mirip dengan salju. Pantauan BMKG Kabupaten Malang suhu disana bisa mencapai 0 derajat celcius.

Gunung Semeru juga terjadi hal yang sama bisa lebih dingin dari kawasan Gunung Bromo. Di Gunung Semeru suhunya bisa mencapai -2 derajat celcius karena wilayahnya lebih tinggi dari Gunung Bromo.

Suhu dingin juga terasa sampai Kota Malang. Netizen banyak yang memposting suhu di kota tersebut dikisaran 14-17 derajat celcius. Arek Malang punya julukan untuk musim ini dingin sebagai Musim Maba. Disebut Musim Maba karena hawa dingin yang selimuti Kota Malang berbarengan dengan datangnya mahasiswa baru di kampus-kampus kota tersebut.

BMKG punya penjelasan soal ini, katanya gak ada fenomena khusus yang terjadi di Dieng maupun Bromo. Ini udah terjadi tiap tahun. Selengkapnya dengerin Podcast Opini bareng Kokok dan Bhapay.

Komentar (1)