Kamar RSJ Buat Caleg Stres | Opini.id
Next Video

Kamar RSJ Buat Caleg Stres

Rumah Sakit Khusus Daerah Sulawesi Selatan atau RSJ Dadi Makassar siapkan kamar VIP bak hotel khusus pasien caleg stress. Kamar VIP tersedia 6 kamar yang dihuni satu pasien. Ada juga kamar non-VIP seperti kelas I dan II yang dihuni oleh beberapa pasien.

Kamar punya fasilitasi memadai seperti kloset duduk, televisi dan lainnya. Pihak RS mengakui memang segaja persiapkan kamar khusus untuk para caleg setelah pemilu. Mengingat fenomena caleg stress diprediksi akan terjadi seminggu pasca pemilu.

Tarif RSJ beragam diklasifikasi menurut kelas pelayanan. Kelas VIP dikenakan tarif Rp 785 ribu/malam, kelas I Rp 300 ribu/malam dan kelas II Rp 200 ribu/malam.

Gak cuma RSJ Makassar, RSJ Bangli di Bali juga fasilitasi calon anggota dewan yang stress karena gagal masuk parlemen. Pihak RSJ sudah siapkan 100 kamar dengan 400 kamar tidur yang dibagi ke beberapa kelas. Mulai dari pelayanan kelas II hingga kelas VIP.

Fenomena stress dikalangan para calon wakil rakyat ini umum terjadi pasca pemilu. Biasanya dialami oleh caleg-caleg yang gagal dalam pesta demokrasi ini. Mereka yang sudah menginvetasikan seluruh harta dan tenaganya gagal untuk meraih suara rakyat.

Direktur Rumah Sakit Jiwa Bangli I Dewa Gede Sudewa bilang caleg stress karena mereka kurang siap mental dengan kenyataan yang diterima. Ini terjadi karena beberapa faktor mengingat persaingan pemilu cukup ketat dan penuh tekanan batin.

Gejala-gejalanya bisa macam-macam, mulai dari marah-marah sampai menarik diri dari lingkungan. Penarikan diri karena ada rasa sudah tidak dipercayai masyarakat, dicurangi atau dibohongi lawan politik. Pemulihannya bisa sampai 42 hari tergantung kondisi pasien.

Komentar
Fresh