Opini.id
Pop Culture
Human Interest
Next Video

Cover Lagu Bisa Dipidana, Emang Gimana Sih Hukumnya?!

Netijen lagi-lagi heboh gara-gara seusatu yang dulu biasa aja, kini malah bisa jadi masalah. Setelah ada jamet yang mempermasalahkan kata 'anjay', terus stasiun tv yang pernah oke menggugat live streaming di medsos, kini ada lagi, yaitu nge-cover lagu terus di-upload ke Youtube bisa kena pidana. Padahal, soal cover lagu itu bukan masalah baru lho jo.

Itu sebenernya masalah dari dulu, kitanya aja yang gak tau atau gak mau tau. Menurut UU nomor 28 tahun 2014 tentang Hak Cipta, nge-cover lagu itu gak bisa sembarangan. Soalnya kan lagu itu ada hak ciptanya. Jadi, nge-cover lagu memang harus izin sama si pemilik lagu. Terus, kalo cover lagunya dikomersilin, si pemilik lagu juga berhak dapat royalty. Itu namanya hak ekonomi. Ada lagi hak moral, yaitu kang cover lagu harus nyantumin penulis atau pemilik lagu aslinya.

Jadi, sebenernya masalah cover lagu gausah diributin sih jo. Emang ada hukumnya. Lo aja mungkin yang kaget karena belum tau. Makanya gue kasih tau nih, biar pinter. Kayak gua.

LATEST