Sekolah Favorit Masalah Zonasi | Opini.id
Next Video

Sekolah Favorit Masalah Zonasi

Sejumlah orangtua di Surabaya, Jawa Timur melakukan aksi demo ke Kemendikbud protes soal penerapan sistem Penerimaan Peserta Didik Baru zonasi. Mereka merasa tidak puas karena sistem zonasi membuat anak pintar mereka tidak bisa masuk sekolah negeri meski jarak rumahnya jauh.

Beberapa orangtua siswa SMP di Depok dan Bogor juga mengusahakan anak-anaknya bisa masuk SMA negeri favorit. Kebanyakan dari mereka menganggap sekolah favorit punya tenaga pengajar baik dan bisa menghantarkan anaknya ke universitas negeri nanti.

Pengamat pendidikan juga mengkritik akar masalah dari ketidakpuasan sistem PPDB zonasi adalah ketidakmerataan sarana dan pra-sarana pendidikan. Banyak wilayah tertentu tidak memiliki sekolah negeri yang cukup untuk menaungi daerahnya. Blom lagi masalah kualitas tenaga pengajar yang berbeda-beda di setiap sekolah.

Pengamat pendidikan Itje Chodidjah mengatakan sistem zonasi mendorong keadilan pendidikan yang lebih demokratis. Menurutnya semua orang berhak mengenyam pendidikan di sekolah negeri, gak cuma anak-anak pinter. Karena sekolah negeri dibiayai oleh rakyat, maka harusnya semua anak bisa ke sekolah.

DPR akan mengevaluasi penerapan PPDN di lapangan. Serta mendorong Kemendikbud untuk memprioritaskan pemerataan pendidikan agar tercipta pendidikan yang berkeadilan.

Komentar
Fresh