Elit Politik Kudu Bikin Adem | Opini.id
Next Video

Elit Politik Kudu Bikin Adem

Jakarta sedang memasuki tahap recovery setelah kemarin terjadi kerusuhan di sekitar kantor Bawaslu. Menurut pakar intelijen, Stanislaus Riyanta, para elit politik jadi kunci untuk mengembalikan suasana kondusif. Kata dia, para elit politik harus segera berdamai dengan lawan politik mereka. Itu untuk menunjukkan bahwa suasana tegang selepas Pilpres 2019 telah usai. Kalaupun tidak terima dengan hasilnya, pihak yang kalah bisa menempuh jalur hukum.

Stanis menghimbau para elit politik terutama yang pernah menyerukan aksi people power di depan gedung Bawaslu dan KPU. Menurutnya, seruan itu akhirnya disusupi provokator. Dilihat dari polanya, Stanis berasumsi provokator itu bertujuan membuat suasana tidak aman. Mskipun begitu dia tidak bisa menebak secara pati tujuan utamanya dengan suasana tidak aman itu. "Bisa jadi mendeligitimasi pemilu atau demokrasi kita," ujarnya kepada opini.id.

Ia menilai tujuan utama provokasi adalah aparat keamanan. Itu agar aparat membalas dan terjadi bentrokan dengan masyarakat biasa. Untungnya kata dia, upaya itu tidak berhasil. Masyarakat cenderung ama terkendali. Salah satunya karena upaya pemerintah mencegah hoax dan uajran kebencian dengan cara memblokir akses sosial media.

Komentar
Fresh