5 Ketum Partai Yang Korupsi | OPINI.id

5 Ketum Partai Yang Korupsi

Sejak 2013 sampai sekarang sudah ada 5 ketua umum (ketum) partai yang ditangkap KPK. Ini berita menyedihkan, pasalnya mereka adalah inti dari pilar demokrasi kita. Seharusnya, mereka jadi yang terdepan memberantas korupsi, bukan malah menikmatinya.

Berikut daftar ketum-ketum partai yang menikmati uang haram tersebut:
1. Mantan Presiden PKS, Luthfi Hasan Ishaaq (LHI)
LHI tersandung kasus suap impor daging pada tahun 2013. Dia divonis hukuman 16 tahun penjara dan denda sebesar Rp 1 miliar subsider 1 tahun penjara.

2. Mantan Ketum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum
Anas adalah terdakwa korupsi proyek Hambalang pada 2013. Dia divonis menjalani hukuman 8 tahun penjara dan denda Rp 300 juta subsider 3 bulan penjara.

3. Mantan Ketum PPP, Suryadharma Ali
Penyelewengan dana haji pada 2014 jadi kasus yang menimpa Suryadharma. Divonis hukuman 6 tahun penjara dan denda Rp 330 juta subsider 2 bulan kurungan.

4. Mantan Ketum Partai Golkar, Setya Novanto
Setnov terkenal jago berkelit, beberapa kali ia tersandung kasus, namun berhasil lolos. Namun dia tak bisa lolos dari kasus e-KTP pada 2017. Mantan Ketua DPR ini divonis hukuman 15 tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsider 3 bulan kurungan, dan dicabut hak politiknya selama 5 tahun.

5. Mantan Ketum PPP, Muhammad Romahurmuziy
Awal tahun 2019 dikejutkan dengan penangkapan Romy oleh KPK. Dia diduga terlibat dalam kasus jual beli jabatan di Kementerian Agama.

Komentar (1)
Fresh