Andi Arief Cuma Direhab, Segini Doang Hukum Kita? | OPINI.id
Andi Arief Cuma Direhab, Segini Doang Hukum Kita?

Saat mendengar politikus yang suka bikin gaduh tertangkap tangan memakai narkoba, sebenarnya bukan ingin tertawa di atas penderitaan orang lain sih. Hanya saja, sedikit rasa syukur terucap mengingat kelakuan Andi Arief yang kerap bikin heboh di media sosial twitter.

Andi Arief adalah orang yang paling jago memainkan kata-kata. Seperti waktu itu, dia men-tweet soal isu 7 kontainer di tanjung priok yang berisikan surat suara 01 Jokowi yang sudah dicoblo dari China. Andi Arief pun tak bisa dijerat dengan UU ITE terkait penyebaran isu hoax.

Namun nasib bicara lain, kini Andi Arief ditangkap karena mengkonsumsi narkoba jenis sabu-sabu di hotel di wilayah Slipi Jakarta Barat. Beberapa spekulasi sebenarnya bermunculan terkait penangkapannya. Ada yang bilang unsur politik, ada juga yang bilang jika Andi Arief tak akan lama mendekam (ini info dari salah satu  netizen sotoy).

Tapi sepertinya analisa sotoy netizen bisa dibilang hampir benar. Soalnya nih, Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengungkapkan jika Andi Arief bisa jalani rehabilitasi karena positif sebagai pengguna narkoba jenis sabu. Ini tertuang dalam Peraturan Kabareskrim No.1 Tahun 2016.

Dalam aturan Kabareskrim, ada turunan bagi pengguna narkoba pada poin B yang bunyinya, setiap pecandu dan korban narkotika tanpa barang bukti, namun positif sebagai pengguna bisa masuk rehabilitasi. Padahal sudah jelas, barang buktinya ada, bedanya sudah dipakai aja, aneh gak sih?

Bahkan, kata Dedi, kasus yang menjerat Andi Arief bisa saja tidak dilanjutkan. Andi Arief hanya akan menjalani rehabilitasi dan dimintai keterangan soal asal narkoba yang didapatnya.

“Untuk kelompok tersebut di dalam poin 3 dijelaskan untuk penanganan tersangka sebagai mana poin dua, huruf A dan B, tidak dilakukan proses penyidikan, namun dilakukan introgasi untuk mengetahui sumber narkotika,” imbuh Dedi.

Coba bayangkan jika yang tertangkap hanyalah masyarakat biasa. Bisa dipastikan tak ada kata rehabilitasi lagi, langsung dijebloskan ke dalam penjara. Sayang sekali, penumpasan penggunaan narkotika di kalangan pejabat hanya terhenti dan berputar-putar di sekitar rehabilitasi saja karena terbentur aturan. Bagaimana bisa bikin jera politisi yang pada pake narkoba kalau gini caranya.

Kamu setuju gak Andi Arief hanya direhabilitasi saja?
Tidak setuju
Setuju, sesuai aturan kok
158 votes

Komentar (1)

Fresh