Suara Tuhan Ikut Menentukan Nasib Capres 2019 | OPINI.id
Suara Tuhan Ikut Menentukan Nasib Capres 2019

Keikutsertaan Tuhan sebagai pemberi suara membuat Pilpres 2019 dan Pileg 2019 menjadi terasa khas sekaligus unik. Tak tanggung-tanggung 6 Tuhan akan ikut menentukan nasib Joko Widodo serta Prabowo Subianto di Pilpres 2019 ini.

Eeiit...tapi jangan salah sangka dulu, meski terdengar aneh, Tuhan di sini adalah orang-orang yang bernama Tuhan yang berasal dari Jember, Jawa Timur yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 yang disusun KPU. Jadi, bukan Tuhan dalam pengertian Sang Maha Pencipta ya.

Tidak hanya kamu yang penasaran, salah seorang advokat Jember, Anasrul Chaniago juga dibuat penasaran mendengar ada enam nama Tuhan yang akan ikut dalam pemilihan Presiden dan Wakil Presiden pada 17 April 2019 mendatang. Sampai-sampai ia juga berkeinginan untuk bertemu dan menanyakan kepada enam Tuhan tersebut, calon presiden yang mana yang bakal mereka pilihan.  

Sementara itu, Komisioner KPU Jember Ahmad Hanafi, Rabu (27/2/2019), menyebutkan enam nama Tuhan itu tersebar di lima kecamatan yakni satu orang berada di Kecamatan Arjasa, satu orang di Kecamatan Balung, satu orang di Kecamatan Patrang, satu orang di Kecamatan Kencong, dan dua orang di Kecamatan Sumberbaru.

Menurutnya, pemilih bernama Tuhan sudah terdaftar dalam DPT Pemilu 2014 dan namanya memang seperti itu, bukan hasil rekayasa. Nama mereka sudah terdaftar di masing-masing TPS di lingkungan mereka tinggal, sehingga enam nama Tuhan itu bisa menyalurkan hak pilihnya di TPS yang sudah tercatat.

Warga Jember bernama Tuhan,  Liputan6.com/Dian Kurniawan

Salah satu Tuhan, yang beralamat di Jalan Manyar Lingkungan Krajan RT 01, RW 06 Kelurahan Slawu, Kecamatan Patrang, mengaku sudah beberapa kali menyalurkan hak suaranya pada setiap pemilu. Bahkan 17 April mendatang dia kembali akan mencoblos calon presiden dan calon legislatif dan DPD. Tuhan mengaku sangat senang dengan nama itu, dan tidak punya niat untuk mengubah namanya.

Menurut, seorang anggota PPS Kelurahan Slawu Kecamatan Patrang, Ita Anggraeni menjelaskan bahwa Tuhan ini, selalu menyalurkan hak suaranya, tidak pernah Golput. Meski yang bersangkutan bernama Tuhan, posisi sama dengan sekitar 5000 warga lain yang terdaftar dalam DPT.

"Kami hanya sedikit mengalami kesulitan menyampaikan sosialisasi kepada Tuhan, karena Tuhan tidak bisa baca tulis serta mengalami gangguan pendengaran," jelas Ita, seperti dilansir Liputan6, Rabu (27/02/2019).

Tuhan aja ga Golput, apa kamu mau golput?
Ga dong, bakal pilih nomor 01
Golput aja
Bakal pilih nomor 02 dong
545 votes

Komentar

Fresh