Ada Apa Dibalik Pertemuan Jokowi dan Bos Freeport? | OPINI.id
Ada Apa Dibalik Pertemuan Jokowi dan Bos Freeport?

Ditengah-tengahnya membangun kepercayaan masyarakat Indonesia, soal Freeport kembali muncul ke permukaan membawa kabar yang tidak sedap. Isu ini naik lagi digoyang, usai mantan Menteri ESDM Sudirman Said bocorkan adanya pertemuan ‘rahasia’ antara Joko Widodo dan bos Freeport McMoran Inc (FCX) saat itu, James R Moffett pada 6 Oktober 2015.

Tentu saja isu ini membuat gerah pemerintah. Sampai-sampai, Menteri ESDM saat ini, Ignasius Joan pun turut mengklarifikasi hal tersebut. Sudirman membocorkan jika dirinya kaget saat diminta ke Istana Negara. Soalnya, dirinya merasa jika pertemuan ini tidak ada di agenda presiden dan hanya diminta oleh ajudan Jokowi saja.

Dalam pertemuan yang katanya rahasia itu, Sudirman Said terkejut melihat ada orang nomor satu FCX saat itu, James R Moffett. Saat itu, Moffett membawa draft yang isinya ingin mempresentasikan permohoan perpanjangan kontrak PT Freeport Indonesia di Papua.  Sudirman pun protes, karena draft yang dibawah menyalahi aturan karena kepastian perpanjangan kontrak baru bisa diberikan pemerintah dua tahun sebelum masa kontrak habis 2021 yaitu pada 2019.

Kamu setuju gak kalau Freeport diberikan perpanjangan kontrak lagi?
Tidak setuju
Setuju
176 votes

Komentar

Fresh