Hasil Survei Terbaru Pilpres 2019 | OPINI.id
Hasil Survei Terbaru Pilpres 2019

Debat capres kedua di Pilpres 2019 telah digelar pada Minggu, 17 Februari lalu. Dalam debat tersebut capres nomor urut 01 Joko Widodo maupun capres nomor urut 02 Prabowo Subianto hadir tanpa didampingi wakilnya untuk beradu gagasan mengenai energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.

Saat ini para pemilih rasional masih bimbang menentukan pilihan karena argumen dan tawaran gagasan yang disampaikan kedua kandidat belum terlalu meyakinkan.

Meski begitu, angka elektabilitas kedua Capres mulai berubah dibanding trend angka pada tanggal 19 Februari lalu. Seiring dengan alur dan arus obrolan di media sosial, angka elektabilitas mampu bergerak dinamis memperlihatkan naik turunnya angka popularitas kedua paslon Capres Pilpres 2019.

Seperti dilansir tribunnews dan politicawave, Rabu (20/02/2019), inilah update hasil survei terbaru tentang elektabilitas alias popularitas Capres 2019 Joko Widodo vs Prabowo Subianto di Pilpres 2019 usai debat capres kedua. Hasil angka angka ini dilihat dari trend of awareness, candidate's electability, share of awareness, share of citizen dan sentiment.  

Menurut data dari Politica Wave dari sisi candidate electability, tercatat pasangan Jokowi-Maruf Amin mendapatkan sentimen obrolan sebanyak 704.446 di media sosial. Sementara pasangan Capres cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menggaet sentimen media sosial 607.054. 

Direktur Politica Wave, Jose Rizal, mengatakan candidate electability yang dimaksudkan oleh pihak Politica Wave adalah indikator menampilkan posisi kandidat dalam sentimen indeks obrolan di media sosial pasca debat kedua Capres 2019 lalu. Kandidat dikatakan baik apabila memiliki sentimen indeks yang lebih besar dari kandidat lain.

Sementara itu, jika dari sisi trend of awareness di media sosial, paslon nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf hingga 19 Februari 2019 menggaet 65.139 sentimen warganet. Sedangkan Paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menempel ketat dengan menjaring sentimen media sosial sebanyak 60.378 sentimen.

Sedangkan bila dilihat dari share of citizen, tampak angka paslon nomor urut 01 dengan paslon nomor urut 02 memiliki perbedaan selisih yang lumayan jauh. Paslon 01 menggaet 58,1 persen atau tepatnya 239.508 sentimen indeks. Sedangkan Paslon 02 menggaet 41 persen atau 172.683. Angka share of citizen yang dimaksud adalah performa persentase unique user masing-masing kandidat dalam arus obrolan di media sosial.

Jika dilihat dari kategori share of awareness, kedua paslon kembali memperlihatkan kekuatan dan persaingan yang cukup ketat. Untuk paslon 01 sentimen 54 persen atau 1.497.018, sedangkan paslon 02 berhasil meraih angka 45,5 persen atau 1.250.768 sentimen. 

Jangan jadi Golput! Beres lihat hasil survei ini kamu bisa mantapkan pilihan kamu di Pemilu 2019?
Setuju, pilih nomor 01
Masih galau ah
Setuju, pilih nomor 02
32432 votes

Komentar (529)

Fresh