Benarkah Tol Jokowi Itu Pembunuh Bayaran? | OPINI.id
Benarkah Tol Jokowi Itu Pembunuh Bayaran?

Cukup membuat sakit perut saat mendengar berita seperti ini sih. Usaha Joko Widodo alias Jokowi untuk ngebut membangun infrastruktur di masa pemerintahannya menuai pro dan kontra. Ada orang yang pro dan ada juga yang kontra. Salah satunya datang dari kubu Prabowo Subianto.

Menurut Jubir Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto- Sandiaga Uno, Dian Fatwa. Jalan tol yang dibangun di era Jokowi itu disebutnya sebagai pembunuh bayaran. Pasti dong banyak yang bertanya, apa maksudnya jalan tol sama pembunuh bayaran.

Ternyata disebut pembunuh bayaran, karena pihak Prabowo Subianto beranggapan kalau jalan tol racikan Joko Widodo mampu membuat ban mobil cepat panas dan bahkan bisa meletus. Tentu saja, pendapat ini mendapatkan balasan dari pihak TKN Joko Widodo- Ma’ruf Amin. Menurut mereka, pernyataan Dian merendahkan ahli konstruksi Indonesia.

"Pihak Prabowo rupanya mengalami kesulitan mencari kelemahan kinerja Pemerintahan Jokowi, khususnya menyangkut pembangunan yang sudah dikerjakan selama 4 tahun ini, terlihat dari pernyataan tentang jalan tol yang membuat ban cepat panas dan meletus, pernyataan yang sangat tidak mendasar secara teknis, juga hanya cari-cari yang mungkin suatu kesalahan," kata Tim Penugasan Khusus TKN Jokowi-Ma'ruf, Nusyirwan Soejono, kepada wartawan, Minggu (17/2/2019).

Dirinya pun menambahkan kalau semua yang dibangun sama pemerintah tentunya sudah melalui proses perencanaan teknis yang sangat ketat dan bahkan sudah melalu pengujian serta sertifikasi dari institusi yang kredibel.

Jubir Prabowo Subianto- Sandiaga Uno, Dian menyamakan jalan tol yang dibangun oleh pemerintah Presiden Joko Widodo dengan pembunuh bayaran dikarenakan faktor banyaknya kecelakaan. Menurutnya, semua jalan tol Jokowi yang bentuknya adalah rigid pavement sebenarnya terbentuk dari beton. Nah, dengan beton ini gesekan antara ban mobil dalam kecepatan tinggi bisa cepat panas.

Namun melansir ilmusipil.com, ada plus dan minus antara jalan aspal dan beton. Untuk pembuatan jalan beton sendiri mempunya kelebihan yang bisa menahan beban kendaran yang berat. Tahan genangan air dan banjir, bahkan memiliki biaya perawatan yang lebih murah daripada jalan aspal. Di sisi minus, jalan beton bikin suasana jalan jadi keras dan gersang hingga sebagai pengendara harus berhati-hati berjalan di atasnya.

Jalan aspal punya kelebihan lebih halus dan tak bergelombang. Bahkan warna hitam aspal menurut psikolog mampu bikin teduh pengendara. Kekurangannya, jalan aspal tidak kuat terhadap genangan air.

Selain perbandingan jalan beton dan aspal, mungkin pengendara juga bisa mencoba beralih ke nitrogen guna menjaga kestabilan suhu ban kendaraan saat melaju di jalanan beton dan sebagainya. Seperti diketahui, nitrogen membuat ban kendaraan sulit kempes. Soalnya, kadar air yang lebih sedikit membuat nitrogen sulit memuai saat dipakai di cuaca panas.

Kamu setuju gak kalau jalan beton lebih bahaya daripada jalan aspal?
Setuju banget
Tidak setuju
339 votes

Komentar (3)

Fresh