Adu Tajir Jokowi vs Prabowo, Siapa Juragan Tanah? | OPINI.id
Adu Tajir Jokowi vs Prabowo, Siapa Juragan Tanah?

Dianggap menyerang secara pribadi, persoalan penjabaran tanah yang dimiliki oleh capres 02 Prabowo Subianto seakan menjadi perbincangan yang tak kunjung berhenti. Alhasil, Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno melaporkan hal ini ke Bawaslu dikarenakan Jokowi dianggap melakukan penyerangan secara pribadi dan tidak etis di debat capres kedua.

Petahan mengatakan jika mantan kopasus ini punya lahan di Kalimantan Timur seluas 220 ribu hektare, dan di Aceh Tengah sebesar 120 ribu hektare. Sontak, Prabowo pun langsung menimpalkan statement dan pernyataan Jokowi ini. Meski tidak membantahnya, tetapi Prabowo mengatakan kalau penguasaan tidak dilakukan secara penuh, melainkan hanya dalam bentuk hak guna bangunan usaha (HGU).

Prabowo memang punya banyak perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan. Seperti dirangkum dari berbagai sumber, ada saham di beberapa perusahaan yang bergerak di bidang industri kertas,kehutanan, perkebunan,pertambangan,perikanan, dan jasa profesional. Untuk sektor perkebunan, Prabowo memegang saham PT  Tidar Kerinci Agung (TKA) yang didirikan oleh sang ayah yakni Soemitro Djojohadikusumo.

Lokasi perusahaan ini berada di Sawah Lunto-Sijunjung,Solok Sumatera Barat dan Tebo, Jambi. Dirinya punya hak pengelolaan dan pengoperasian lahan seluas 28 ribu hektare selama 35 tahun. TKA sendiri sudah kembangkan perkebunan kelapa sawit seluas 16.048 hektare, dan pabrik pengelolaannya.  Untuk sektor kertas, yaitu perusahaan yang dibelinya dari Bob Hasan beroperasi di Mangkajang, Kaltim dengan luas area industry 223.500 hektare.

Berdasarkan data LHKPN pada 2018, Prabowo tercatat memiliki harta berupa tanah seluas 25,92 ha yang tersebar di beberapa lokasi, antara lain tanah di Jakarta Selatan seluas 0,84 ha dan 0,08 ha, serta tanah di wilayah Bogor masing-maisng seluas 18 ha, 4,89 ha, 1 ha, 0,89 ha, 0,21 ha, dan 0,006 ha.

Juragan tanah dan pengusaha sebenarnya gak hanya ada di sisi Prabowo saja, tetapi petahana Jokowi juga punya lahan pribadi seluas 2,75 ha. Berdasarkan data LHKPN, lokasi lahan pribadi yang dimiliki oleh Joko Widodo ini bahkan tersebar luas di 20 titik.

Setidaknya, ada enam bidang tanah dan bangunan yang dimiliki olehnya di Kota Solo. Empat bidang tanah dan bangunan dimiliki di Sukoharjo, tiga bidang tanah dan bangunan di Karanganyar, tiga bidang tanah dan bangunan di Sragen, tiga bidang tanah di Boyolali, dan satu bidang tanah dan bangunan di Jakarta Selatan.

Nah menurut kamu tajiran mana nih?
Prabowo
Jokowi
Dua-duanya udah enak
312 votes

Komentar

Fresh