Sandiaga Takut Kualat Debat Sama Ma’ruf Amin | OPINI.id
Sandiaga Takut Kualat Debat Sama Ma’ruf Amin

Pertarungan antara capres nomor urut 01 dan 02 sudah selesai yaitu Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Kini waktunya sang calon wakil presiden beraksi baik dari kubu 01 dan 02. Untuk kubu 01, Ma’ruf Amin dan kubu 02 Sandiaga Uno. Debat capres ketiga rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 17 Maret 2019.

Pertarungan belum dimulai, tapi sumbu kompor sudah banyak dibuat oleh beberapa media. Ada yang menyatakan jika Ma’ruf berpesan agar Sandi tidak sungkan untuk berdebat dengannya. Tetapi ada juga yang menyatakan jika wapres dari kubu 01 tersebut meminta Sandi untuk menjaga sopan santunnya saat debat cawapres nanti.

Sebelumnya, Sandiaga pernah menyatakan jika dirinya rada sungkan untuk melakukan perdebatan dengan sang kiai di debat wapres nanti. Atas hal inilah, justru Ma’ruf Amin menjelaskan jika Sandi tak usah sungkan debat dengan kiai senior. "Debat Capres itu mekanismenya sudah diatur oleh KPU, sehingga santai saja menghadapi debat, tidak perlu sungkan menghadapi kiai seperti saya," kata Ma'ruf Amin, di kediamannya di Menteng, Jakarta, Selasa, 19/02.

Bahkan menurut Ma’ruf Amin, serangan boleh dilakukan selama tidak melanggar kesantunan dan ketentuan yang sudah diatur oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).”Kita biasa saja, dalam debat kan kita ikut aturan yang ditetapkan KPU. Yang penting laksanakan dengan santun dan sopan,”tambahnya.

Meski begitu, Ma’ruf tetap menghargai rasa hormat yang sudah diberikan oleh Sandiaga kepada dirinya selaku ulama. Di sisi lain, dirinya juga menaruh rasa hormat kepada Sandiaga. “Saya juga yang tua  ke yang muda harus saling menghormati,”ujarnya.

Meski begitu, Ma’ruf dan Sandiaga tetap harus wajib menjawab setiap pertanyaan yang ada selama debat cawapres nanti berlangsung. Soalnya, pernyataan yang timbul dalam sebuah debat itu bukan berarti meniadakan rasa hormat antar peserta debat.

kira-kira bakal seru seperti debat capres gak ya?
Seru kayaknya
Gak seru, garing nih
201 votes

Komentar (1)

Fresh