Pro Kontra Penguasaan Tanah Prabowo dalam Debat Pilpres | OPINI.id
Pro Kontra Penguasaan Tanah Prabowo dalam Debat Pilpres

Capres pasangan nomor urut 02 dihujani kritikan setelah debat Pilpres 2019 kedua, Minggu (17/02/19) lalu. Kritikan ramai di linimassa Twitter terkait penguasaan tanah seluas 220.000 hektar di Kalimantan Timur dan 120.000 hektar di Aceh Tengah. Prabowo mengatakan ia rela menyerahkan tanah untuk kepentingan negara, namun mengaku lebih baik dikelola seorang nasional seperti dirinya ketimbang asing.

"Setiap saat negara bisa ambil kembali," tanah tersebut, kata dia. "Untuk negara saya rela kembalikan. Tapi daripada lari ke orang asing lebih baik saya kelola. Saya patriortis," imbuhnya.

Pertanyaan tersebut memicu reaksi negatif netizen. Cuitan warganet yang menyarankan para petani yang masih bingung untuk menanam, bisa ditanam di tanah milik Prabowo.

Ada juga yang menyarankan pendiri Partai Gerindra, Prabowo Subianto untuk membuka lapangan pekerjaan dan membagikan tanah untuk kepentingan pendidikan.

Jurnalis senior Dandhy Laksono juga menanggapi pernyataan tersebut bahwa pihak asing punya berbagai cara untuk mengambil andil dalam menguasai perekonomian.

Pengakuan Prabowo tersebut dibuat untuk menjawab ucapan Joko Widodo yang sebelumnya membalas kritik pembagian konsensi lahan untuk perusahaan besar. Menurutnya pemerintahannya memberikan lahan "kepada yang kecil-kecil, bukan yang besar."

"Saya tahu pak Prabowo punya tanah 220 ribu hektar di kalimantan, juga di Aceh tengah. Saya sampaikan bahwa pemberian konsesi ini tidak dilakukan di masa pemerintahan saya", kata dia.

Dikutip dari detikFinance, Prabowo melalui perusahaannya PT Kaltim Nusantara Coal (KNC) memenangkan perebutan konsesi lahan tambang batubara seluas 10.000 hektar di Kutai Timur. Dia berebut dengan pihak asing Churchill Mining Plc asal Inggris.

Namun demikian, sepertinya kalimat Jokowi terkait kepemilikan tanah Prabowo sudah masuk konteks serangan personal, ya?

Di debat capres kedua ini, siapa yang menurutmu lebih banyak menyerang?
Jokowi
Prabowo
Dua-duanya, jadi seru
17 votes

Komentar

Fresh