Debat Capres Kedua, Warganet Ikutan Heboh | OPINI.id
Debat Capres Kedua, Warganet Ikutan Heboh

Debat Pilpres 2019 kedua telah selesai digelar di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu malam (17/2/2019). Dalam debat capres itu, Joko Widodo dan Prabowo Subianto saling beradu gagasan dan program terkait tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam dan lingkungan hidup.

Debat Capres 2019 putaran kedua ini memang berlangsung seru. Pasalnya debat antara Jokowi dengan Prabowo tersebut, menyedot perhatian warganet. Mulai dari hebohnya memberikan komentar, munculnya berbagai tagar, narasi hingga munculnya berbagai meme sebagai penyemangat, dukungan bahkan hingga meme kocak.

Riuhnya cuitan warganet di Twitter saat Debat Capres kedua (290.000 cuitan per menit)

Seperti pantauan yang dilakukan Trendsmap, total debat capres kedua kali ini menghasilkan 1,5 juta postingan atau tweet. Sedangkan puncak percakapan warganet di Twitter Minggu malam terjadi jelang akhir debat, yakni pukul 22.00-23.00. Pada puncak tweet, Trendsmap menunjukkan hampir 290.000 tweet per menitnya. 

Mayoritas warganet yang memosting seputar debat capres ini ada di wilayah Indonesia. Namun ada juga warganet lain di berbagai belahan dunia, juga membincangkan paparan yang disampaikan oleh capres dalam debat tersebut.

Tak hanya warganet yang tinggal di Indonesia saja yang antusias dan memberikan respon pada Debat Capres 2019 kedua ini, tapi gaung keseruan  debat capres kedua antara paslon capres nomoe urut 01 Jokowi dengan paslon capres nomor urut 02 Prabowo ini juga jadi perbincangan dan mendapat perhatian dari warganet di Afrika, Amerika Serikat, Eropa, Asia timur, Timur Tengah hingga Australia. 

Sementara itu, jelang debat kedua, di jagad dunia maya khususnya Twitter juga muncul dua tagar dari masing-masing kubu capres yakni #DebatPintarJokowi dan #PrabowoMenangDebat. Kedua tagar tersebut memanaskan suasana dunia maya jelang debat kedua capres dengan berbagai perang tagar, narasi sampai meme.

Seperti perang tagar ini, sejak muncul #DebatPintarJokowi langsung tancap gas, tak heran sampai pukul 11.00 malam, Minggu (17/02/2019) tagar ini sudah mencapai 7,7 ribu mention. Sedangkan pada waktu yang sama, #PrabowoMenangDebat baru menghasilkan 2,8 ribu mention.

Pantauan analisis percakapan media sosial Drone Emprit, analis Ismail Fahmi mengungkapkan dari sisi isu yang diusung kedua tagar itu, tagar kubu 01 berisi banyak gagasan seputar topik debat kedua, seperti dana desa sampai capaian pemerintahan Jokowi. Sementara narasi #PrabowoMenangDebat belum menampilkan gagasan, lebih banyak berupa ajakan menaikkan tagar dan dukungan untuk Prabowo Subianto.

Fakta lainnya, tingkat interaksi #DebatPintarJokowi sangat rendah yakni 0,94 pada jam-jam awal, sedangkan tingkat interaksi #PrabowoMenangDebat lebih tinggi dan lebih banyak dengan tingkat interaksinya 2,75.

Tak hanya itu, Ismail Fahmi melalui akun twitternya juga membahas tentang meme-meme yang dibuat netizen terkait debat capres kedua Minggu (17/02/2019) malam.

Menurutnya, meme tidak harus profesional dan wah. Yang penting adalah yang orisinal, dibuat natural oleh para pendukung, berdasarkan pikiran, perasaan, dan pengalaman masing-masing. Meme seperti ini lebih menimbulkan interaksi, karena menggambarkan keadaan nyata dimana-mana. Bukan terpusat.  

Meme #PrabowoMenangDebat bentuknya beragam, seperti dibuat oleh banyak pendukung tanpa koordinasi tertentu. Berisi kritikan atas kondisi saat ini, dan dukungan kepada pasangan capres cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga.

Sedangkan, Meme #DebatPintarJokowi, menurut Ismail, memiliki desain yang sangat profesional, berisi informasi capaian, keberhasilan, dan data. Serta kesiapan Jokowi untuk debat.

Apa kamu juga ikutan heboh di medsos saat debat capres kedua berlangsung?
Iya pasti dong
Biasa aja
Ga ikut-ikutan
73 votes

Komentar (2)

Fresh