Jokowi Sindir Prabowo Kuasai Ratusan Ribu Hektare Lahan | OPINI.id
Jokowi Sindir Prabowo Kuasai Ratusan Ribu Hektare Lahan

Dalam Debat Capres Kedua yang digelar di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019), Joko Widodo menyindir Prabowo kuasai lahan ratusan ribu haktare.

Jokowi sebut, Prabowo miliki lahan 220.000 hektare di Kalimantan Timur dan 120.000 hektare di Aceh Tengah.

Sindiran tersebut dilontarkan Jokowi saat mereka berdua berdebat soal reforma agraria.

Jokowi dan Prabowo memang punya cara pendekatan yang berbada dalam hal strategi redistribusi tanah.

Dalam hal redistribusi lahan, Jokowi menekankan pembagian lahan untuk masyarakat. Sementara Prabowo lebih menekankan bahwa lahan harus dikuasai negara.

Jokowi mengagung-agungkan program pehutanan sosial yang membagikan konsesi lahan kepada masyarakat adat, petani, dan nelayan.

Jokowi Bagi Lahan Hutan, Prabowo Bagi Gigi Palsu

Ledakan Dekat Arena Debat Capres Diduga Petasan

Prabowo Gagal Paham Soal Unicorn

Sebut Jokowi saat ini ada 12,7 juta hektare lahan yang siap dibagikan dan sudah ada 2,6 juta hektare lahan yang sudah dibagikan.

"Kita juga mendampingi mereka agar tanah yang diberikan menjadi produktif. Ada yang ditanami kopi, buah-buahan, jagung," kata Jokowi.

Strategi Jokowi dikritik Prabowo. Menurut dia, bagi-bagi lahan tidak mungkin terus dilakukan. Pada saatnya lahan habis sementara jumlah penduduk terus bertambah sehingga tidak ada lahan untuk anak cucu kelak.

Hal inilah yang memicu Jokowi mendebat balik dengan menyebut prabowo mendapat lahan ratusan ribu hektare. Jokowi memastikan pembagian-pembagian seperti itu tidak akan dilakukan di masa pemerintahannya.

"Kita tidak memberikan kepada yang gede-gede," kata Jokowi.

Di akhir debat, saat menyampaikan sambutan penutup, Prabowo mengakui menguasai lahan tersebut. Namun, yang dimaksud adalah Hak Guna Usaha (HGU) yang bisa sewaktu-waktu dikembalikan kepada negara.

"Kalau untuk negara, saya rela mengembalikan itu. Tapi, daripada jatuh ke orang asing, lebih baik saya yang kelola karena saya nasionalis dan patriot," ujar Prabowo.

Semoga reforma agraria terus berlanjut menjadikan rakyat sebagai tujuan utama sehingga seluruh rakyat sejahtera.

Kamu lebih setuju bagi-bagi lahan model siapa?
Jokowi
Prabowo
Bukan dua-duanya
4426 votes

Komentar (17)

Fresh