Capres Bebas di Debat Pilpres 2019 yang Kedua | OPINI.id
Capres Bebas di Debat Pilpres 2019 yang Kedua

Debat Pilpres 2019 yang akan diselenggarakan pada tanggal 17 Februari 2019 ini sangat dinanti masyarakat. Banyak yang berharap di debat kedua ini, masyarakat bisa menemukan jawaban soal pilihannya.

Salah satu yang menarik pada debat Pilpres kedua ini adalah segmen di mana capres menjawab atau menanggapi pertanyaan tanpa batas waktu.

"Segmen itu mengatur masing-masing pasangan calon akan menjawab pertanyaan dan saling menanggapi dalam durasi waktu yang diatur secara global," ujar Arief Budiman selaku Ketua KPU di kantor MMD Initiative, Jakarta, Kamis (14/02/19)

Arief mengatakan segmen tersebut akan masuk pada sesi keempat. Nantinya, capres akan saling menanggapi tanpa waktu yang diatur dalam setiap tanggapan atau jawaban. "Debat sebelumnya itu diatur menjawab berapa menit, menanggapi berapa menit. Kalau nanti waktunya langsung secara utuh selama 16 menit," katanya.

Salah satu alasan aturan tanpa batas waktu ini agar setiap capres bisa memberi tanggapan secara lebih fleksibel. Sebab, dalam debat Pilpres sebelumnya, batasan waktu kerap memotong jawaban pasangan calon. "Semakin menarik tentu karena masing-masing bisa menjawab dan menanggapi dengan lebih leluasa," ucapnya.

Selain itu, Arief juga menambahkan pada segmen keempat debat KPU akan menampilkan video terkait tema yang diusung. Setiap capres nantinya diminta untuk menanggapi video tersebut. "Salah satu metodenya tidak hanya dengan menyampaikan pertanyaan secara lisan, tetapi juga memberikan narasinya dalam bentuk video," tuturnya.

Debat Pilpres kedua akan digelar KPU di Hotel Sultan, Jakarta pada 17 Februari 2019 mendatang. Menurut Arief, segala persiapan terkait debat ini sudah mencapai tahap akhir. "Kalau dilihat total persiapannya sudah tinggal finishing saja. Sekitar 90 persen sudah siap," katanya.

Mengangkat tema seputar isu sumber daya alam, energi dan pangan, lingkungan hidup, serta infrastruktur. Debat Pilpres juga akan disiarkan di stasiun televisi Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI), GTV, MNC TV, dan Inews TV.

Dalam debat kedua ini waktunya capes nomor urut 01, Joko Widodo berhadapan dengan capres nomor urut 02, Prabowo Subianto. Sementara cawapres baik Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno tak akan ikut mendampingi di atas panggung.

Dengan tidak diberikan batasan waktu kepada kedua calon presiden dalam debat pilpres 2019 ini, apakah akan memberi kepuasan untuk masyarakat atau malah jadi hiburan yang menghibur ya. Gak sabar nonton debat kedua.

Komentar

Fresh