Berebut Dukungan dari Millenial Hingga Purnawirawan | OPINI.id
Berebut Dukungan dari Millenial Hingga Purnawirawan

Jelang Pilpres 2019, generasi milenial sering muncul dalam narasi kampanye politik paslon capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi Maruf maupun nomor urut 02 Prabowo-Sandi.

Pasalnya generasi milenial dianggap mampu mendongkrak elektabilitas kedua pasangan paslon, dikarenakan mereka sangat terbuka terhadap nilai-nilai kesetaraan gender, independen secara politik, serta berani mengambil pilihan ideologi politik yang berbeda dari lingkungan keluarga mereka.

Ternyata, pasangan capres cawapres tak hanya mencari dukungan dari kaum muda semata, namun berlomba juga mencari dukungan dari para purnawirawan TNI-Polri maupun purnawirawan berpangkat jenderal.

Menanggapi fenomena ini, Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago menilai, wajar jika para eks jenderal TNI-Polri mendukung paslon capresnya, karena mereka kembali menjadi masyarakat sipil biasa.

Analis politik ini mengungkapkan, hadirnya eks jenderal TNI-Polri dalam mendeklarasikan kepada paslonnya ini secara opini sangat berpengaruh. Pasalnya main pada isu dan opini, sehingga seperti berlomba-lomba mana yang paling banyak didukung purnawirawan. Namun dukungan eks jenderal TNI-Polri ini tidak terlalu berdampak kepada suara kedua pasangan calon.

"Tapi bisa dimainkan pada isu elite politik, cukup signifikan, kalau pengaruh elite, namun di grasroot belum tentu," jelas Pangi, seperti dikutip dari sindonews, Selasa (12/10/2019).

Sebelumnya, sekitar 1.000 purnawirawan TNI dan Polri dari berbagai angkatan mendeklarasikan dukungan mereka pada pasangan capres cawapres nomor urut 01 Jokowi-Maruf. Acara ini berlangsung di Hall C Ji-Expo Kemayoran, Jakarta, Minggu (10/2/2019).

Salah satu purnawirawan yang hadir pada acara tersebut Laksda (Purn) Iskandar Sitompul menyatakan bahwa dirinya dan ratusan purnawirawan lain pernah diajari untuk melihat dan berpikir saat masih mengenyam pendidikan kemiliteran. Bekal dari masa lalu itu digunakan untuk menentukan capres yang patut didukung, yakni Joko Widodo.

Sementara itu, pada Kamis (31/02/2019) lalu, sebanyak 2.500 purnawirawan TNI dan Polri dari seluruh tingkatan, termasuk 300 diantaranya adalah purnawirawan jenderal datang ke Hambalang. Mereka yang tergabung dalam Persatuan Purnawirawan Indonesia Raya (PPIR) menyatakan dukungannya pada pasangan capres cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandi. Acara ini diselenggarakan di kediaman Prabowo Subianto di Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Pada kesempatan tersebut, Prabowo memberi salam hormat kepada seluruh purnawirawan TNI/Polri yang hadir dalam pertemuan. Menurutnya, semangat dan perjuangan yang sama untuk menciptakan Indonesia yang adil dan makmur perlu terus digelorakan untuk memperbaiki kondisi bangsa Indonesia saat ini.

Apakah dukungan purnawirawan ini bakal memantapkan pilihan kamu di Pilpres 2019?
Pastilah dukung nomor 01
Masih mikir-mikir
Udah pasti dukung 02
63 votes

Komentar

Fresh