Dibalik Strategi Para Capres Berburu Dukungan Alumni | OPINI.id
Dibalik Strategi Para Capres Berburu Dukungan Alumni

Meski yang terlihat paling semangat mencari dukungan para alumni kampus ini adalah Joko Widodo, namun sebenarnya taktik dan strategi ini juga dimainkan oleh kubu lawan yaitu Prabowo Subianto guys. Bisa dibilang, keduanya berebut dukungan suara alumni kampus di Indonesia.

Ini adalah strategi dari para kadidat buat memaksimalkan dukungan. Bahkan menurut peneliti politik dari The Indonesian Institute, Fadel Basrianto kepada detik.com. Mencari dukungan para alumni kampus ini dilakukan setelah sentiment keagamaan yang mereka garap dianggap telah solid, dengan kata lain preferensi pilihan pemilihan mereka berdasarkan identitas keagamaan telah sulit berubah.

Oleh karena itu kedua  paslon ingin mencoba meraup suara dari pemilih yang berpendidikan tinggi. Suara mereka pun dianggap cukup besar dan sangat potensial untuk Pilpres 2019. Seperti diketahui, Jokowi adalah capres yang paling menerima dukungan dari Forum Alumni Jawa Timur (Jatim), belum lagi beberapa alumni perguruan tinggi dan alumni SMA se-Jakarta.

Sebelumnya, kubu 02 Prabowo Subianto juga mendapatkan dukungan dari alumni perguruan tinggi seluruh Indonesia. Para alumni ini mendorong lahirnya kepemimpinan yang kuat untuk Indonesia. Deklarasi ini juga dibacakan oleh perwakilan alumni perguruan tinggi di gedung Padepokan Pencak Silat, TMII, Jakarta Timur beberapa waktu lalu.  Deklarasi dilakukan karena para alumni melihat sejumlah ancaman untuk Indonesia yang perlu segera ditangani.

Apakah mampu suara para alumni mendongkrak popularitas capres masing-masing?
Pasti mampu
Gak berpengaruh banget
44 votes

Komentar

Fresh