Prabowo Mencoba Lepas Dari Dekapan Orba | OPINI.id
Prabowo Mencoba Lepas Dari Dekapan Orba

Kehadiran mantan istri Titiek Soeharto di pusaran Pilpres 2019 dan memberikan dukungan kepada Prabowo, jadi satu bukti jika mantan Danjen Kopasus ini tak bisa lepas dari bayang-bayang Orde Baru. Tak hanya Titiek Soeharto juga, bahkan sekeluarga cendana pun sudah merapatkan barisan ke kubunya.

Bahkan beberapa waktu lalu ada isu yang menyatakan kalau lewat Prabowo Subianto nanti jika terpilih menjadi presiden RI nanti. Akan ada beberapa kebijakan Orba yang akan dihidupkan kembali, salah satunya adalah swasembada pangan. Masyarakat pun menilai jika pintu masuk Orba ada di Prabowo.

Namun, menurut Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Djayadi Hanan. Justru capres nomor urut 02 ini mencoba beberapa strategi untuk melepaskan diri dari citra Orde Baru yang sangat melekat padanya. Bisa dilihat dari pernyataan Prabowo yang mengatakan kalau arah pembangunan ekonomi Indonesia keliru sejak Orde Baru.

“Jadi Saudara-saudara sekalian, dari awal, sekian tahun, saya melihat arah pebangunan Orde Baru menuju arah yang keliru,” ujar dia dalam pidatonya di acara ulang tahun Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), di Sports Mall, Jakarta, Rabu 6 Februari 2019.

Seperti diketahui, beberapa partai pendukungnya bangga dengan citra Orde Baru, maklum saja Partai Berkarya sendiri adalah tempat berkumpulnya keluarga Soeharto. Padahal sudah jelas, ada banyak orang yang gak mau Orba bangkit lagi, khususnya dikalangan para aktivisi 1998. ahkan masih banyak yang takut dengan kekuatan lama itu. Prabowo pun, menurutnya, sadar dirinya tidak dapat menang hanya dengan mengandalkan sisa-sisa kekuatan lama. Prabowo pun ingin memberikan jarak dan memberitahu publik, jika dirinya adalah orang yang berbeda disbanding kekuatan lama. Citra inilah yang ingin dibangun olehnya.

Bisa gak Prabowo lepas dari bayang-bayang Orde Baru?
Bisa dong
Gak bisa
156 votes

Komentar (2)

Fresh