Jusuf Kalla: Jokowi adalah Sosok yang Bersih | OPINI.id
Jusuf Kalla: Jokowi adalah Sosok yang Bersih

Menjelang pilpres 2019 pada April nanti, banyak masyarakat yang masih bimbang menentukan pilihan capres dan cawapresnya. Tak hanya itu, anak muda zaman now yang tak terlalu 'melek politik' juga kesulitan untuk menentukan siapakah calon yang pas bagi mereka. Apalagi masuknya berita hoaks bercampur dengan informasi valid jadi dilema tersendiri saat mereka harus memilih calonnya.

Melihat kecendrungan ini, Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Jusuf Kalla (JK) mengatakan negara akan jatuh jika memiliki pemimpin yang nepotisme dan otoriter. Namun jika melihat sosok calon presiden nomor urut 01 Jokowi, menurutnya tidak sama sekali memiliki sosok kedua tersebut.

Hingga JK juga mengklaim bahwa calon presiden Jokowi merupakan sosok yang bersih. Selama Jokowi menjabat sebagai presiden tak ada praktik nepotisme. Jadi kita bisa aman, karena tidak ada keterlibatan keluarganya sama sekali dalam ekonomi maupun dalam hal politik.

Selain itu, seperti dilansir cnnIndonesia, Rabu (06/02/2019), JK juga menyebut bahwa Jokowi merupakan sosok pemimpin yang demokratis dan tak otoriter. Semua hal atau masalah selalu dirapatkan dengan demokratis di kabinet.

Nepotisme diartikan setiap perbuatan penyelenggara negara melawan hukum yang menguntungkan kepentingan keluarganya dan atau kroninya di atas kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara.

Sedangkan Otoriter bisa diartikan adanya kecenderungan melakukan pemaksaan dalam menggerakkan kelompoknya. Bawahan memiliki kewajiban untuk mengikuti dan menjalankan perintah. Tak boleh ada saran dan bantahan dari bawahan. Mereka diharuskan patuh dan setia secara mutlak kepada pemimpinnya. Kendali penuh ada pada pemimpin (bersifat satu arah).

Ia mencontohkan bagaimana Venezuela jatuh karena rezim yang otoriter dan nepotisme. Begitu pula yang terjadi pada Orde Baru di Indonesia. Zaman Pak Soeharto juga jatuh karena otoriter dan nepotisme. Sementara Jokowi adalah pemimpin yang egaliter yang selalu mendahulukan kebersamaan.

Tak hanya itu, Jokowi menurutnya adalah sosok terbaik dari kandidat yang ada dalam Pilpres 2019 ini. Ia mengetahui hal tersebut karena selalu bersama-sama dengan Jokowi selama 4 tahun terakhir ini. Hal tersebut disampaikan JK dalam sebuah tayangan video yang beredar Minggu (3/01/2019) lalu, yang membahas tentang alasan JK mendukung pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf.   

Kamu setuju atau engga sama pernyataan JK?
Setuju
Mikir-mikir
Ga setuju
38 votes

Komentar

Fresh