Siap Debat Kedua, Ini 4 Poin Prabowo-Sandi | OPINI.id
Siap Debat Kedua, Ini 4 Poin Prabowo-Sandi

Meski diakui sedang tidak fit dan kini Prabowo tengah beristirahat untuk pemulihan kesehatannya di Hambalang, tapi bisa dipastikan Prabowo akan tampil memukau saat debat pilpres 2019 jilid kedua nanti.

Seperti kita ketahui, Energi, Pangan, Infrastruktur, Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup bakal jadi tema yang akan diangkat pada debat calon presiden kedua, digelar pada 17 Februari 2019 mendatang.  Terkait hal ini, capres nomor urut 02 Prabowo Subianto sudah menyiapkan poin-poin penting tentang lingkungan hidup yang bakal diangkat pada panggung debat kedua nanti.

Hal ini diungkapkan Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi spesialis lingkungan hidup, Gari Primananda, poin-poin penting dari persoalan lingkungan hidup yang akan diutarakan Prabowo pada debat capres kedua nanti terdiri dari empat poin penting.  

Ia menyebutkan guna melestarikan alam dan satwa liar, Prabowo akan mengangkat tentang rehabilitasi hutan-hutan yang rusak agar satwa liar dan habitatnya tetap terjaga.

Sementara, untuk hal kedua yang akan disampaikan adalah tentang rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS) dan sumber air. Pasalnya DAS yang sehat mampu menyimpan air hujan di dalam tanah untuk nanti menjadi mata air, tidak semuanya dialirkan menjadi banjir pada saat hujan.

Kemudian poin ketiga yang bakal dibahas Prabowo di debat Pilpres 2019 kedua nanti adalah mendorong usaha pertambangan yang ramah lingkungan dan menertibkan pertambangan liar.

Sedangkan, pada poin keempat mantan Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) ini akan mengungkapkan soal mencegah dan menindak tegas pencemaran serta perusakan lingkungan. 

Sebelumnya, Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) pernah menyarankan pada debat kedua pada pilpres 2019  yang bakal mengadu gagasan adalah calon presiden, harus bisa membedah persoalan yang lebih substansi, bukan hanya permukaan. Terutama menyangkut masalah energi, infrastruktur, dan lingkungan.

Tema pada debat capres kedua penting karena semakin meningkatnya bencana ekologis, kebakaran hutan, dan konflik lingkungan hidup. Menurut Ketua Tim Adhoc Politik Keadilan Ekologis WALHI, Khalisah Khalid, Kamis (23/01/2019), masalah lingkungan tak bisa dipisahkan dari pembangunan ekonomi karena berkaitan dengan korporasi di dalamnya. 

Di debat pilpres kedua nanti apakah Prabowo-Sandi lebih siap dibanding kubu Pertahana?
Pasti lebih siap
Ragu-ragu
Ga juga
58 votes

Komentar (2)

Fresh