Mana yang Ambisius, Prabowo atau Jokowi? | OPINI.id
Mana yang Ambisius, Prabowo atau Jokowi?

Jika diberikan pertanyaan seperti itu, sudah pasti jawabannya sama yaitu ambisius. Hanya saja strategi dan cara yang dilakukan oleh kedua paslon ini berbeda-beda. Beberapa waktu lalu, ada pengamat politik yang mengurai gaya berpolitik Prabowo Subianto dan Joko Widodo.

Gun Gun Heryanto selaku pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah mengatakan kalau Jokowi punya gaya equalitarian style, sedangkan Prabowo Subianto punya gaya dynamic style. Gaya ini punya pengaruh dalam mengkontruksikan pesan politik masing-masing. Untuk gaya Jokowi, biasanya bersifat turun ke bawah dan merangkul.  Terlihat jika Jokowi jarang pakai diksi yang susah dan sulit meski buka seorang orator yang baik.

Sedangkan Prabowo Subianti lebih eksplisit, strike to the point, dan pakai bahasa lugas. Biasanya, Gun Gun menuturkan, orang dengan dynamic style yang selalu bicara apa adanya memiliki resiko dimaknai berbeda.Dalam konteks tampang Boyolali, misalnya, Prabowo sesungguhnya berbicara dalam konteks ketimpangan sosial untuk menyerang calon presiden inkumben.

Tetapi, akhirnya malah menjadi serangan balik untuk Prabowo. Jadi jika ada yang bertanya mana yang ambisius dan jawabannya lebih menyerang ke Prabowo hanya karena mantan Danjen Kopasus ini maju lagi di Pilpres 2019, itu berarti hanya pola pikir negatif. Tanpa adanya Prabowo, Joko Widodo tak punya lawan, Pilpres 2019 jadi gak seru lagi. Mari bersama-sama membangun negeri, memilih pemimpin bangsa ini tanpa menjelekan satu sama lain, tapi lebih melihat dari rekam jejak dan juga visi misi yang ditawarkan. Semua di debat pilpres jilid kedua nanti, masyarakat Indonesia semakin terbuka dan tahu siapa orang yang pantas memimpin bangsa ini ke depan.

Komentar (2)

Fresh