Anies Baswedan Masih Jomblo Pimpin Jakarta | OPINI.id
Anies Baswedan  Masih Jomblo Pimpin Jakarta

Diam-diam Anies Baswedan asik menjomblo memimpin DKI Jakarta. Bayangkan saja, sudah lebih dari lima bulan bahkan tahun sudah berganti ke 2019, tetapi kursi nomor dua orang paling wahid di Jakarta belum juga terisi oleh penggantinya.

Kita semua tahu, kenapa sampai bisa kuris wagub DKI ini kosong. Apalagi kalau bukan Sandiaga yang mendadak memilih melanggar ikrar janji sucinya dan memilih untuk maju jadi cawapres. Ah, sudahlah setidaknya dia tak berbeda dengan Jokowi. Lantang kenapa kursinya masih kosong sih?

Usut punya usut, kursi bergengsi di DKI Jakarta ini adalah milik Partai Keadilan Sejahtera. Dari pihak Anies dan Sandi juga belum menemukan kata sepakat, siapakah sosok yang akan diajukan ke DPRD DKI Jakarta.  Untuk mencari dua nama, mereka harus melakukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) terhadap Wagub DKI Jakarta. Jadi karena kursi wagub DKI ini punya PKS, maka PKS mengajukan tiga nama kepada Partai Gerindra untuk ikut tes di atas.

Ketiga orang ini adalah Sekretaris DPW PKS DKI Agung Yulianto, mantan Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu dan anggota DPRD DKI Jakarta Abdurahman Suhaimi. Ketiga nama ini akan dikerucutkan jadi dua nama lewat uji kelayakan dan kepatutan sampai pada akhirnya akan dibahas di DPRD DKI Jakarta.

Mereka pun sudah mulai bersafari dan bersilaturahmi mengunjungi fraksi-fraksi di DPRD DKI. Tapi Anies pun berharap siapapun yang akan menjadi wakilnya nanti, tidak diperbolehkan membawa visi dan misi. Soalnya, dirinya dan Sandiaga telah mencantumkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) selama lima tahun saat masa kampanye. Ya bisa dibilang wakil yang terpilih hanya akan jadi boneka saja sebagai syarat melengkapi kursi Wakil Gubernur DKI Jakarta. 

Kalau begini, wakilnya jadi boneka doang dong ya?
Iya pastinya
Gak lah
84 votes

Komentar

Fresh