Jan Ethes Bonus Jokowi Ungguli Prabowo di Medsos | OPINI.id
Jan Ethes Bonus Jokowi Ungguli Prabowo di Medsos

Namanya jadi trending, bahkan dibilang menjadi faktor kemenangan kakeknya Jokowi di media sosial. Dia adalah cucu sang presiden Joko Widodo, Jan Ethes. Berawal dari cuitan Hidayat Nur Wahid yang merasakan jika ada pelanggaran kampanye dari kubu Jokowi-Ma’ruf Amin yaitu melibatkan anak kecil saat kampanye, Jan Ethes pun jadi perbincangan.

Cucu Jokowi ini memang terkenal lucu dan imut bahkan menggemaskan. Gak heran kalau pakde kerap mengajaknya kemanapun dirinya pergi. Sayangnya tim Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno Ferdinand Hutahaean justru jika putra dari Gibran Rakabuming Raka dan Selvie Ananda ini bisa naikan pamor Jokowi dan melanggar aturan kampanye.

Aturan yang dilanggar merujuk pada Pasal 15 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak, bukan UU Pemilu (UU7/2017). Di sana disebutkan kalau setiap anak berhak untuk memperoleh perlindungan dari penyalahgunaan dalam kegiatan politik. Namun, seperti diketahui, Jokowi sudah menjelaskan soal keberadaan cucunya.

Menurut presiden RI ke-7 ini, Jan Ethes memang kerap di ajak kunjungan kerja, dan tidak ada alasan khusus melakukan itu.” Yang gampang itu ya yang kecil. Ya diajak ke mana-mana, ya enggak sekolah, ya sudah ajak," kata Jokowi Oktober lalu, dikutip dari Antara. Dan kita tahu, kunjungan kerja itu beda dengan kampanye. Poin inilah yang jadi alasan Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf merasa mempermasalahkan Jan Ethes jadi terlihat mengada-ada.

Direktur Komunikasi Politik TKN Usman Kansong menyatakan kalau sampai saat ini tidak ada keputusan untuk melibatkan Jan Ethes dalam kampanye. Tapi dirinya juga gak menampik kalau Jan Ethes memang popular dan itu baik untuk Jokowi. Bedanya, kondisinya tidak bisa dikatakan berkampanye. Ada tiga unsur yang bisa dikategorikan sebagai kampanye.

Menyampaikan visi-misi, mempengaruhi orang lain untuk memilih, dan menyampaikan citra sendiri. Udah sih pak de, cucunya mbok dititipkan dulu sama orang tuanya biar gak ada efek negatif dan isu lagi yang dibuat sama kubu lawan. Biar aman dan tentram pas kampanye Pilpres 2019 ini.

Menurutmu, Jan Ethes kampanye apa bukan?
Bukan
Ah,kampanye ini mah!
153 votes

Komentar

Fresh