Jusuf Kalla bela Sri Mulyani yang dihujat Prabowo

Prabowo Subianto, capres nomor urut 02 memang kerap mengeluarkan statement yang mengundang kontroversial.  Kali ini yang terbaru adalah soal sindiran terhadap Menteri Keuangan Sri Mulyani. Prabowo beranggapan jika Kementerian Keuangan harus diganti namanya menjadi Menteri Utang.  Cibiran ini pun mendapatkan tanggapan langsung dari pihak Kementerian Keuangan.

Lewat Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Nufransa Wira Sakti mengatakan, hal tersebut menciderai perasaan pegawai yang bekerja di Kemenkeu. Gak hanya itu saja, bahkan Wapres Jusuf Kalla (JK) justru merasa kalau tudingan Capres Prabowo Subianto yang menyebut Menteri Keuangan sebagai menteri pencetak utang. JK pun memastikan utang negara pasti bisa dibayar.

Menurutnya, Indonesia sudah punya pengalaman sejak pemerintah sebelumnya.” Pengalaman kita sejak pemerintahan sebelumnya, Pak Harto, Ibu Mega, Pak Gus Dur, itu semua bisa dibayar utang-utang yang ada itu. Terkecuali pada saat krisis kita sementara justru dibantu oleh IMF," kata JK di kantornya, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (29/1/2019).

Sebagai seorang pebisnis juga, JK menyebut jika Indonesia saat ini mirip dan sama dengan perusahaan besar yang melakukan investasi dengan meminjam dana dari bank. Dia pun kembali menegaskan, yang terpenting dari utang yang ada adalah kemampuan negara untuk membayarnya.

Jusuf Kalla  bahkan menegaskan, jika ingin suatu negara berkembang lebih cepat  maka harus membangun masa depannya. Namun, membangun masa depan tersebut dalam kondisi penerimaan negara yang masih terbatas. "Jadi artinya berutang. Di negara-negara apa saja, Jepang bersaing utang ke lembaga pensiun atau lembaga apa di negaranya. Amerika berutang dengan cara mencetak uang," imbuhnya. Menteri Keuangan dikatakan JK selalu menerima pemasukan negara dari pajak dan melakukan pengeluaran untuk belanja negara. Defisit pun selalu dialami Menteri Keuangan.

Kamu setuju gak sama JK?
Setuju
Gak setuju
5510 votes

 

Komentar (16)

Top Konten