1,5 Tahun Bui, Gimana Nasib Pencalegannya Dhani? | OPINI.id
1,5 Tahun Bui, Gimana Nasib Pencalegannya Dhani?

Ahok bebas, Ahmad Dhani masuk bui terkait kasus ujaran kebencian.

Seperti diketahui Ahok yang enggan dipanggil Ahok lagi ini baru saja bebas dari Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, beberapa hari lalu. Ahmad Dhani pun mengomentari kebebasan musuh bebuyutannya ini. Menurutnya Ahok sudah bebas, dan menjalani hukumannya, kesalahannya sudah termaafkan.

"Menurut saya Ahok sudah jadi fitri kembali, menurut Ahok saya sudah nol lagi. Kalau dalam puasa Ramadan sudah nol lagi," ujarnya.

Siapa yang sangka, kini justru Ahmad Dhani malah resmi divonis penjara selama 1 tahun 6 bulan. Dirinya langsung digelandang ke Rutan Cipinang usai sidang. Dhani Seperti kita ketahui, perbuatannya melanggar pasal 45A ayat (2) juncto Pasal 28 ayat 2 Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 Kita Undang-undang Hukum Pidana (KUHP).

Dhani sendiri dalam Pemilu 2019 ini, maju sebagai caleg DPR RI dari Partai Gerindra di Dapil I Jatim meliputi Surabaya dan Sidoarjo. Gimana nasib Dhani setelah adanya vonis dari majelis hakim?

"Kalau dalam undang-undangnya selama belum inkrah ya masih bisa (ikut pileg)," ucap Ahmad Dhani saat ditemui di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan setelah sidang putusan, Senin, 28 Januari 2019.

Tim kuasa hukum akan melakukan banding atas vonis bersalah dan hukuman 1 tahun 6 bulan yang dijatuhkan kepada Ahmad Dhani.

"Ini kan baru keputusan tingkat pertama, masih ada tiga tingkat lagi. Kalau ditanya saya puas atau enggak, ya tentu kalau kita banding ya berarti kita tidak puas dong. Jangan ditanya lagi," ucap Ahmad Dhani.

Terkait nasibnya sebagai caleg, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan mengatakan, status Ahmad Dhani Prasetyo sebagai caleg DPR bisa jadi tidak memenuhi syarat (TMS) seandainya keputusan hukumnya sebagai terpidana sudah inkrah atau berkekuatan hukum tetap.Tetapi, saat ini Ahmad Dhani masih memenuhi syarat sebagai caleg. Sebab, hukuman pidana yang dijatuhkan kepadanya belum inkrah terkait banding yang akan diajukan kuasa hukumnya.

Jika hukuman pidana yang sudah berkekuatan hukum tetap telah dijatuhkan kepada suami Mulan Jameela ini, maka otomatis tidak memenuhi syarat sebagai caleg. Pasca-inkrah, KPU akan mengklarifikasi kasus pidana tersebut ke partai pengusung caleg. Jika inkrah terjadi saat surat suara sudah dicetak, maka nama caleg tak dapat dihapus.

KPU akan mengumumkan ke TPS bahwa yang bersangkutan sudah tidak memenuhi syarat sebagai caleg. Tetapi, jika yang bersangkutan tetap mendapat suara pada hari pemilihan, maka perolehan suara akan dikembalikan ke partai.

Menurut kamu Dhani bakalan tetap bisa nyaleg gak?
Bisa
Tidak
51 votes

Komentar

Fresh