Tetap Bisa Ngopi Bareng Meski Beda Pilihan | OPINI.id
Tetap Bisa Ngopi Bareng Meski Beda Pilihan

Tahun 2019 adalah tahun politik bagi bangsa Indonesia, masyarakat diharapkan tetap bersatu meskipun memiliki perbedaan pilihan. Saat menghadapi perbedaan pilihan politik seharusnya mampu mengajarkan kita semua menjadi sosok bangsa Indonesia yang cerdas, santun dan bijak.

Jangan sampai perbedaan pilihan ini membuat perang komentar di media sosial atau ikutan menyebarkan berita hoaks yang dampaknya membuat banyak orang tak saling tanya dengan teman atau sahabat, musuhan sama tetangga atau teman kantor, bahkan sampai memutus tali silaturahmi atau melakukan tindak kekerasan hingga berujung kematian.  

Ada momen yang bisa dijadikan contoh oleh kita semua saat calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno di sela agenda kampanyenya, ditraktir ngopi oleh Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, Rabu (23/1/2019) lalu, perbedaan pilihan politik tak menjadikan persahabatan dan silaturahmi mereka harus terputus. 

"Dari dulu juga kita bersahabat, perbedaan tidak harus mengurangi persahabatan. Saya berada di kubu 01, beliau calon di 02, tidak harus terlihat jadi tegang walaupun mungkin para pendukung-pendukungnya yang mempersepsikan kan," jelas Kang Emil seperti dilansir dari Kompas.

Ridwan Kamil ngajak Sandiaga nyeruput kopi sambil main catur di salah satu kedai Kopi di jalan Manado, Bandung. Momen ngopi bareng itu dibagikan di akun media sosial Sandiaga maupun akun pribadi Kang Emil, panggilan akrab Gubernur Jabar ini.

Seperti, Kang Emil yang mengunggah momen bermain catur dengan Sandiaga di tengah ramainya pengunjung kedai. Lewat keterangan postingannya, ia menegaskan dirinya dan Sandiaga tetap bersahabat meskipun hidup banyak perbedaan. Termasuk perbedaan pilihan politik, tak mesti membuat hubungan keduanya menjadi renggang.

"Walau hidup ini banyak perbedaan, tapi kami tidak pernah menghilangkan persahabatan. Semoga para followers kami juga mengikuti, jika berbeda tetaplah saling menjaga silaturahim," tulis Ridwan Kamil beberap waktu lalu. "Bermain catur di kafe Yumaju di Bandung bersama Kang @sandiuno yang sedang melewati Bandung. Hasilnya Remis  #DemokrasiPositif," tambahnya.

Tak jauh berbeda dengan Kang Emil, capres nomor urut 02 ini juga dalam keterangan postingan Instagramnya berharap momen kebersamaannya dengan Ridwan Kamil tersebut dapat memberikan contoh positif untuk masyarakat Indonesia.

"Ditraktir ngopi sama Kang @ridwankamil. Semoga moment seperti ini dapat memberikan contoh positif untuk seluruh masyarakat Indonesia. Kalau kita masih gontok-gontokan karena perbedaan pilihan, negara ini tidak akan pernah bisa maju. Ingat pesan saya, hindari JUNIPER (Julid, Nyinyir, Baper),” tulis Sandiaga. 

Asyik-kan, walau beda pilihan politik tapi tetap bisa akrab seperti ini?
Setuju banget
Biasa aja
Ga ah, ini sih pencitraan
121 votes

Komentar

Fresh