Nasdem Kesandung Korupsi Bupati Mesuji | OPINI.id
Nasdem Kesandung Korupsi Bupati Mesuji

Upaya memoles citra Partai Nasdem jelang Pemilu 2019 bakal sedikit tercoreng operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Bupati Mesuji, Khamami.

Meski kasus tersebut mungkin tidak terkait langsung dengan partai, status Khamami di tubuh Partai Nasdem tetap tidak dapat dilepaskan. Sebab, Khamami saat ini menjabat Ketua Dewan Pertimbangan Daerah DPD NasDem Kabupaten Mesuji.

Ia menjadi Bupati Mesuji dalam Pilkada tahun 2011 dan tengah menjalani periode kedua 2017-2022 setelah menang dalam Pilkada Serentak 2017 berpasangan dengan H Saply Th.

Khamami ditangkap bersama 7 orang lainnya pada Kamis (24/01/2019) dini hari di Lampung. KPK menyita barang bukti berupa uang tunai pecahan Rp 100 ribu dalam bungkusan senilai Rp 1 miliar. Diduga terkait dugaan suap atau commitment fee mengenai proyek infrastruktur di Dinas PUPR tahun 2018.

Sebagai konsekuensi, Khamami diberi dua pilihan segera mundur dari Nasdem atau dipecat. Sekjen Nasdem dikutip Kumparan.com, menyatakan partainya tegas memberi sanksi kepada kader yang langgar pakta integritas. Yakni tidak korupsi, tidak terlibat narkotika, dan tidak terlibat pidana pelecehan anak.

Ini merupakan OTT pertama yang dilakukan KPK di tahun 2019. Khamami tercatat sebagai kepala daerah ke-39 yang terjerat kasus korupsi. Heran gak ada kapoknya ya kepala daerah coba-coba terima suap? Jangan-jangan mau bikin asosiasi di penjara KPK?

Gimana caranya ya biar kepala daerah gak coba-coba korupsi?
Naikin gajinya
Tempelin GPS di badannya
Pasang CCTV di mana-mana
1 votes

Komentar

Fresh