Susi Pudjiastuti Masuk Daftar 100 Tokoh Pemikir Dunia | OPINI.id
Susi Pudjiastuti Masuk Daftar 100 Tokoh Pemikir Dunia

Salut buat Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang menjadi satu-satunya orang Indonesia dalam jajaran para pemikir dunia yang dirilis majalah ternama Foreign Policy (FP). Dalam daftar Top 100 Global Thinkers itu, Susi ada di kategori pertahanan dan keamanan.

Alasan utama FP memilih Susi adalah usahanya menjaga stok ikan di Indonesia lewat kebijakan yang tegas dan berani. Ia tidak tanggung-tanggung memberantas praktik illegal fishing dengan meledakkan kapal-kapal ilegal yang beroperasi di wilayah laut Indonesia dan menenggelamkannya.

Baca juga:

    Operasi penangkapan kapal-kapal ilegal melibatkan anggota TNI Angkatan Laut (TNI AL), Polair, Kepolisian RI, Badan Keamanan Laut (Bakamla), dan PSDKP KKP. Selama 4 tahun, sudah ada 488 kapal ilegal yang ditangkap dan 363 di antaranya ditenggelamkan. Kapal ilegal terbanyak ditangkap berasal dari Vietnam, disusul Filipina, Thailand, Malaysia, Indonesia, Papua Nugini, China, dan Belize.

    Meski demikian, kebijakan Susi di sektor perikanan juga menimbulkan pro kontra di Tanah Air. Salah satunya kebijakan pelarangan alat tangkap cantrang yang banyak digunakan nelayan namun dinilai bisa merusak ekosistem.

    Saat ini penggunaan cantrang masih diperbolehkan namun dibatasi daya jelajahnya. Nelayan diminta untuk mengganti alat tangkap yang ramah lingkungan. Namun, banyak nelayan berharap masih dibolehkan menggunakan cantrang.

    Setiap perubahan yang radikal pasti ada saja pihak yang tidak diuntungkan. Kebijakan pun pasti ada kelemahan. Namun dengan visi mulia menjaga ketahanan pangan Indonesia, langkah-langkah dan ketegasan Susi patut diapresiasi. Maju terus Bu Susi!

    Kelakuan Bu Susi paling gokil menurut kalian itu apa?
    Nenggelamin kapal
    Kaki tatoan
    Ngopi sambil ngerokok
    Main paddle di laut
    240 votes

    Komentar (3)

    Fresh