Tanpa Kisi-Kisi, Debat Pilpres Bisa Lebih Seru | OPINI.id
Tanpa Kisi-Kisi, Debat Pilpres Bisa Lebih Seru

Debat Pilpres 2019 pertama adalah momen yang dinanti. Biarpun gak semua orang Indonesia suka Ngompol ( Ngomongin Politik) tapi menyaksikan kedua capres dan cawapres bicara di media gal boleh dilewatin. Gak heran kalau ada di beberapa daerah yang mengadakan nobar debat dan sebagainya.

Nyatanya, kita semua kecewa. Karena debat terasa garing dan gak seru, bahkan kalah sama debat Pilkada DKI beberapa waktu lalu. Pemberian kisi-kisi yang dilakukan oleh KPU justru membuat kedua capres dan cawapres bagaikan anak sekolah yang sudah membawa jawaban soal yang dikerjakan oleh orang tuanya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) pun mengevaluasi hal tersebut. Alhasil, munculah keputusan jika di debat selanjutnya pihak KPU tak akan memberikan kisi-kisi, lah kemana aja pak, malah gak konsisten nih!

Menurut komisioner KPU, Wahyu Setiawan. Debat perdana dengan tema HAM,korupsi, dan terorisme belum memenuhi harapan publik. Masalahnya ada pada format dan mekanisme debat yaitu pemberian kisi-kisi.

Soal kisi-kisi ini juga dapat kritikan dari wapres Jusuf Kalla. Menurutnya gak ada jawaban asli karena semua disiapkan oleh timsesnya. Dengan kata lain, nanti yang pantas jadi capres dan cawapresnya adalah timsesnya bukan Jokowo-Ma'ruf amin ataupun Prabowo-Sandi.

Seperti diketahui, masih ada empat debat pilpres lagi yang akan digelar. Debat ketiga hanya akan diikuti calon wakil presiden untuk membahas isu pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya.

Dalam debat keempat, kedua calon presiden akan kembali beradu gagasan soal ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan serta hubungan internasional.

Tanpa kisi-kisi bakal seru gak nih?
Seru pastinya
Masih garing, rivalnya sama sih
47 votes

Komentar

Fresh