Biar Lebih Greget, KPU Rubah Format Debat Capres | OPINI.id
Biar Lebih Greget, KPU Rubah Format Debat Capres

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar evaluasi debat perdana capres-cawapres yang telah berlangsung Kamis (17/01/2019) lalu. Rapat yang dihadiri perwakilan paslon 01 dan paslon 02, Bawaslu RI, dan juga perwakilan stasiun televisi penyelenggara debat, masing-masing pihak telah menyampaikan catatan penting sebagai bahan masukan dan perbaikan dalam debat capres kedua yang akan diselenggarakan pada 17 Februari mendatang.

Seperti dikutip dari merdeka, Komisioner KPU Wahyu Setiawan, Selasa (22/01/2019), mengatakan pada debat kedua nanti akan ada perubahan mekanisme debat yang memungkinkan Paslon tidak kaku.

Debat kedua nanti memang berbeda karena hanya akan menampilkan debat antara Capres nomor urut 01, Jokowi dan Capres nomor urut 02, Prabowo, dengan tema yang diangkat adalah tentang energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.

Menurut Wahyu, secara umum KPU akan membuat format dan mekanisme debat yang diperbaharui sehingga lebih memungkinkan bagi pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk tampil lebih rileks, tampil lebih original dan lebih berkesempatan untuk menjelaskan visi misi program secara mendalam.

Selain itu, KPU tidak akan melarang paslon membawa catatan saat debat capres. Makanya dalam debat kedua nanti setiap paslon tetap diizinkan membawa catatan penting dan tidak ada larangan terkait hal itu. KPU menilai, catatan yang dibawa saat debat dianggap penting untuk bisa menyampaikan atau menyanggah terkait hal-hal yang dianggap detail, dan tidak mudah dihafal oleh masing-masing paslon.

Berdasarkan evaluasi debat capres-cawapres perdana, ada lima poin perubahan yang bakal dilakukan KPU di debat capres kedua mendatang, yaitu:

  • KPU tidak akan memberikan abstraksi kisi-kisi soal kepada masing-masing capres-cawapres.
  • Tata panggung debat akan diubah yaitu tidak ada kursi penonton atau pendukung di belakang kandidat capres-cawapres.
  • Setiap debat moderator akan diganti dan peran moderator debat juga akan ditambah agar membuat debat lebih dinamis.
  • Durasi debat akan ditambah untuk segmen penyampaian visi-misi.
  • KPU memastikan akan menentukan para panelis secara mandiri.   

Dengan perubahan ini, apa debat kedua nanti bakal lebih seru ga ya?
Pasti lebih seru
Bisa aja sih
Belum tentu
123 votes

Komentar

Fresh