Meski Lambat Tapi Optimis Bisa Nyalip Petahana | OPINI.id
Meski Lambat Tapi Optimis Bisa Nyalip Petahana

Tiga bulan jelang Pilpres 2019, Media Survei Nasional atau Median merilis hasil survei terbaru yang hasilnya elektabilitas duet Jokowi-Ma'ruf cenderung stagnan. Sementara itu, rivalnya, Prabowo-Sandiaga naik, namun lambat.

Menanggapi hal ini, Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak, Senin (21/01/2019), mengungkapkan bahwa diprediksi sejak awal memang elektabilitas petahana akan terus menurun. Hal ini berbanding terbalik dengan elektabilitas Prabowo-Sandi yang terus meningkat.

Ia yakin akhir Januari 2019 ini elektabilitas Prabowo-Sandi sudah bisa menyalip pasangan petahana Jokowi-Ma'ruf. Pasalnya dinamika suara masyarakat yang ingin ada pergantian presiden memberikan pengaruh besar.

Sebelumnya, Median telah melakukan survey dengan mengajukan pertanyaan pada 1.500 responden, diantaranya adalah: jika pilpres dilakukan saat ini, pasangan manakah yang akan Anda pilih?. Ternyata, dari pertanyaan itu didapatkan angka elektabilitas Jokowi-Ma'ruf di angka 47,9 persen, Prabowo-Sandi 38,7 persen.

Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun, menjelaskan selisihnya 9,2 persen dan yang belum menentukan pilihan ada 13,4 persen. Selisih elektabilitas kedua kandidat menipis, tapi hasil ini memperlihatkan bahwa suara pasangan nomor urut 01 relatif stagnan, semantara suara pasangan nomor urut 02 terus tumbuh, meningkat meski lambat.

Menurut kamu apakah elektabilitas Prabowo-Sandi bisa nyalip pasangan Petahana?
Yakin bisa
Ragu-ragu
Ga bakalan bisa
252 votes

Komentar (2)

Fresh