Gus-Iwan, Santripreneur ala Ma'ruf Amin | OPINI.id
Gus-Iwan, Santripreneur ala Ma'ruf Amin

Calon Wakil Presiden nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin mengatakan, santripreneur harus terus dikembangkan di Indonesia. Dengan demikian santri bisa kontribusi untuk bangsa dan negara.

Salah satu bukti nyatanya adalah melalui peluncuran kedai kopi 'Abahyang dirintis secara mandiri oleh para santri yang tergabung dalam komunitas Santri Milenial Centre (SIMAC), di kawasan Balong Gede, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (19/01/2019).

Pada kesempatan tersebut, Ma'ruf juga berharap agar para santri di seluruh Indonesia bisa menjadi santri yang tak hanya pintar mengaji, tetapi juga bisa menjadi usahawan atau yang kerap disebutnya dengan sebutan Gus-iwan.

Gus-iwan adalah konsep yang digagas Ma'ruf, merupakan kepanjangan dari 'Santri Bagus Pintar Ngaji dan Juga Usahawan'. Konsep ini juga pernah ia kenalkan agar para santri mau mengelola usaha kecil di samping belajar ilmu agama.

Upaya untuk mengembangkan konsep tersebut merupakan bagian dari program ekonomi arus baru yang selama ini Ma'ruf gagas dalam pilpres 2019. Dimana ekonomi arus baru lebih memperhatikan masyarakat dari kalangan menengah ke bawah.

Ma'ruf juga menegaskan santri tidak boleh menjadi beban di lingkungan masyarakat. Karena itu, santri harus kreatif dan harus membangun diri di bidang ekonomi supaya mandiri. 

Sebelumnya, progam serupa juga pernah digagas cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno. Mantan pengusaha itu pernah menyampaikan rencana untuk melatih para santri dengan mengeluarkan gagasan dan memiliki target menciptakan santripreneur.  

Apakah konsep Gus-Iwan ini bakal saingi program OK OCE-preneur?
Ya dong
Ragu-ragu
Ga ah
67 votes

Komentar

Fresh