Tidak Saling Apresiasi, Apa Karena Gengsi? | OPINI.id
Tidak Saling Apresiasi, Apa Karena Gengsi?

Ronde pertama debat capres telah berakhir sekitar pukul 22.30 WIB pada Senin (17/10/19). Sebelum debat berakhir, ada segmen closing statement. Dalam segmen ini, kedua paslon diberi kesempatan mengucapkan pernyataan penutup dan saling mengapresiasi lawannya.

Yang menarik setelah Jokowi menutup pernyataannya, waktu masih tersisa satu menit. Moderator debat Ira Koesno sempat memberi kesempatan kepada Jokowi untuk memberikan apresiasi kepada penantangnya, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Namun, Jokowi memilih tidak menanggapi.

Bukan hanya Jokowi, Prabowo pun demikian. Setelah menutup pernyataannya, moderator juga memberi kesempatan memberi apresiasi kepada Jokowi dan Ma'ruf Amin. Namun, Prabowo juga tidak melakukan itu.

"Debat ini berakhir tanpa kedua pasangan calon memberikan apresiasi ya," ujar Ira Koesno sambil tertawa.

Kenapa kedua capres tidak mengapresiasikan lawannya? Apa mereka sama-sama gengsi atau memang menurut mereka tidak ada yang bisa diapresiasi satu sama lain. Padahal kedua paslon diminta menutup debat perdana dengan pernyataan menyejukkan sekaligus apresiasi antar paslon.

Waktu yang tersisa malah dimanfaatkan kedua paslon untuk bertemu di tengah panggung debat. Prabowo memeluk Jokowi sambil mengguncang-guncangkan bahu Presiden RI itu. Sementara itu, Sandiaga Uno menundukkan kepala kepada Ma'ruf Amin sambil berkali-kali mencium tangan kiai sepuh itu.

Menurut kamu debat perdana seru gak?
Engga
Seru
232 votes

Komentar

Fresh