Prediksi Panas Debat Perdana Pilpres 2019 | OPINI.id
Prediksi Panas Debat Perdana Pilpres 2019

Dalam hitungan jam, Debat Pilpres 2019 akan digelar. Berpusat di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan malam ini, Kamis (17/01/19).

Hukum, hak asasi manusia (HAM), terorisme, dan korupsi akan menjadi topik pertama yang diangkat dalam Debat Pilpres 2019. Dua moderator yaitu Ira Koesno dan Imam Priyono akan menjadi moderator dalam debat yang terbagi dalam enam segmen.

Dua puluh kisi-kisi telah diberikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) kepada kedua pasangan calon, Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Malam ini pertarungan antara kedua kubu paslon siap kita saksikan. Isu-isu apa saja yang diperkirakan anak membuat suasana Debat Pilpres 2019 perdana malam ini.

Aktivis HAM, Haris Azhar memprediksi skenario kemungkinan apa saja yang akan terjadi, kasus yang potensial digunakan paslon 01 ke 02 adalah soal kasus penghilangan orang secara paksa. Sementara dari paslon 02 ke 01 adalah kasus Novel Basewedan. Haris juga memprediksikan kedua paslon akan bersuara lantang menggambarkan konsep HAM menurut versi yang mereka nyaman atau tema hak spesifik-spesifik saja yang sesuai dengan gaya masing-masing paslon.

Sedangkan Harits Abu Ulya, peneliti dari the Community of Ideological Islamic Analyst (CIIA) memprediksi parangan nomor 01 Jokowi-Ma'ruf, tidak akan menyodorkan gagasan baru dalam hal penanganan terorisme dan radikalisme. Sementara prediksi untuk pasangan nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga, akan bicara mengenai gagasan makro soal terorisme di Indonesia. Secara personal capres 02 Prabowo memiliki kapasitas dan pengalaman mengkonstruksi gagasan di sektor keamanan.

Gimana prediksimu?
Memanas nih
Biasa aja
10 votes

Komentar

Fresh