Soal Sekolah, Mana yang Bohong Jokowi Atau Netizen? | OPINI.id
 Soal Sekolah, Mana yang Bohong Jokowi Atau Netizen?

Huft… rasanya ingin cepat selesai deh Pilpres 2019 ini. Soalnya, gak Jokowi dan Prabowo, keduanya kerap kali jadi gunjingan netizen di media sosial. Para penggemarnya saling serang dan bela satu sama lain. Gak heran kalau buka media sosial, timeline isinya ribut mulu soal siapa yang benar dan baik antara Prabowo Subianto dan Joko Widodo.

Kali ini netizen kembali heboh dan bahkan jadi viral di media sosial twitter soal riwayat pendidikan petaha alias Joko Widodo. Presiden Republik Indonesia ini dituding berbohong soal latar belakang sekolah menengah atas (SMA) yang pernah dijalaninya.  Asal mula perdebatan riwayat pendidikan Jokowi  ini diawali oleh akun twitter bernama @IreneViena.

Dirinya mengunggah sebuah tulisan, mungkin lebih ke pertanyaan soal kebenaran riwayat pendidikan Jokowi. Petahana yang kekinian menjadi capres nomor urut 01 itu, disebut akun tersebut adalah seorang alumni SMA Negeri 6 Surakarta.  Sang presiden kata akun itu menempuh pendidikan di SMAN 6 Surakarta tahun 1977 sampai 1982. Nah, si IreneViena mengklaim kalau SMAN 6 Surakarta baru ada pada tahun 1986. 

Bahkan lewat kicauannya, @IreneViena rela mati dan masuk neraka jika tulisan yang dibuat olehnya di twitter  tidak benar. “Jika benar Presiden Joko Widodo adalah mantan siswa SMA 6 Surakarta antara tahun 1977 sampai 1982, saya rela mati sekarang dan masuk neraka. Kok nekat? ya nekat dong. SMAN 6 Surakarta baru ada tahun 1986. Jadi Jokowi SMA nya di mana? Emboh, bukan urusanku,” tulisnya.

Meski banyak yang jadi bertanya-tanya karena kicauannya, tapi ada juga yang membantah tulisannya. Seperti akun @DionYuliar yang mengunggah hasil bidik layar Wikipedia yang menyebutkan kalau SMAN 6 Surakarta itu sudah ada dan berdiri sejak tahun 1975.

“SMAN 6 Surakarta berdiri tahun 1975 dengan nama Sekolah Menengah Persiapan Pembangunan (SMPP) Nomor 40 Surakarta. Walaupun bernama SMPP, kurikulum yang digunakan adalah kurikulum SMA.”

Tak berhenti sampai disitu aja, akun @EllaZefa juga mengaku jika dirinya adalah alumni SMAN 6 Surakarta dan tahu kalau Jokowi itu adalah seniornya. "Setahu aku tahun 1975 lho berdirinya ini SMA. Kabar-kabarin ya mbak kalau sudah di neraka," sindirnya.

Waduh, masuk neraka gak nih orangnya ya?
Masuk
Gak masuk
Hahaha, no comment
4252 votes

Komentar (20)

Fresh