Jokowi-Prabowo, Mana yang Jago Berantas Korupsi? | OPINI.id
Jokowi-Prabowo, Mana yang Jago Berantas Korupsi?

Tahapan debat Pilpres 2019 hanya tinggal menghitung hari, kalau tidak salah terhitung hari Selasa (15/1/2019), hanya tersisa dua hari lagi kedua capres dan cawapres yaitu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dan Jokowi-Ma’ruf Amin akan beradu argument untuk Indonesia yang lebih baik.

Sebelum debat dimulai, sudah mulai kisruh terkait kisi-kisi soal pertanyaannya. Namun debat pilpres 2019 tak hanya sekali dikelar, tapi akan dilakukan beberapa kali. Nah, pada debat perdana nanti, kedua capres dan cawapres akan diberikan materi soal penegakan hukum dan penuntasan kasus pelanggaran HAM, penindakan terorisme serta pemberantasan korupsi.

Bicara soal ini, memang di era Jokowi Komisi Pemberantasan Korupsi kerap kali melakukan OTT. Namun sayangnya dalam kurun waktu tersebut, justru masih banyak saja praktik korupsi terjadi. Buktinya, ada banyak kepala daerah,politikus, hingga pejabat kementerian yang terjerat rasuah.  Biarpun begitu, kinerja Jokowi untuk menumpas korupsi patut diapresiasi.

Soalnya, menurut data yang dirilis oleh Corruption Perceptions Index (CPI) atau Indeks Persepsi Korupsi, posisi Indonesia kini berada pada angka 37 pada tahun 2017. Angka ini tentu saja mengalami perbaikan yang sangat cukup signifikan dari tahun  1998 yang bertengger di posisi 20 dari 180 negara. Joko Widodo optimis kalau suatu hari laten korupsi akan benar-benar hilang dari Ibu Pertiwi. Dan diapun sudah menyiapkan beberapa rencana bersama pasangan barunya Ma’ruf Amin jika terpilih nanti.

Kubu oposisi alias Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno juga gak mau kalah nih guys. Mereka juga sudah punya beberapa persiapan matang, salah satunya adalah visi dan misi terkait isu korupsi termasuk menawarkan program penguatan pemberantasan rasuah yang kini kian mengakar. Paslon nomor urut 02 ini akan memfokuskan pada dua hal yaitu:

  1. Memperkuat program edukasi anti-korupsi bagi generasi muda.
  2. Kerja sama dengan pihak swasta untuk menguatkan sinergi gerakan anti korupsi di sektor swasta dan publik.

Mereka juga berencana mengatur sistem pendanaan dan pembiayaan politik dan menjamin independensi transparansi, mencegah korupsi, dan menjaga keberlangsungan demokrasi.

Nah, menurut kalian mana nih yang lebih jago berantas korupsi?
Jokowi
Prabowo Subianto
69 votes

Komentar (1)

Fresh