Wapres JK: Dukung Capres Jangan Bawa-Bawa Nama Kampus | OPINI.id
Wapres JK: Dukung Capres Jangan Bawa-Bawa Nama Kampus

Saat memberikan sambutan dalam Pembukaan Seminar dan Dialog Perhimpunan Organisasi Alumni Perguruan Tinggi Negeri (HIMPUNI), Senin (14/1/2019), di Jakarta,  Wakil Presiden Jusuf Kalla mengimbau para alumni perguruan tinggi tidak menggunakan almamater saat mendukung salah satu calon presiden.

Dia mengatakan alumni sebuah Perguruan Tinggi tidak terlalu jauh menyeret nama kampus jelang Pilpres 2019. Penggunaan almamater bisa merusak kredibilitas Universitas, pasalnya kampus sebagai lembaga pendidikan tidak boleh terpecah belah karena politik.

Wapres juga menyinggung deklarasi alumni UI dan sejumlah alumni perguruan tinggi negeri kepada capres dan cawapres 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin pada Minggu (13/1/2019). Sementara itu, di hari yang berbeda, ada sejumlah alumni UI lainnya yang menyatakan dukungan untuk capres dan cawapres 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Menurutnya, seperti dikutip dari Liputan6, alumni itu sebenarnya bebas saja memberikan dukungan karena itu hak konstitusi masing-masing tapi mestinya tak harus terlalu jauh mengatasnamakan universitas agar universitas itu tetap bisa berdiri independen.

Jusuf Kalla juga menegaskan, apabila terlalu jauh pasti alumni itu akan terbelah. Jadi semua harus bicara hal yang tentu independen, normatif tapi tidak berbicara tentang hal yang bisa memecah belah.

Apa kamu setuju dengan pernyataan Wapres Jusuf Kalla?
Setuju banget
Biasa aja
Ga setuju
503 votes

Komentar (1)

Fresh