Rapor Merah HAM Buat Jokowi, Masa Sih? | OPINI.id
Rapor Merah HAM Buat Jokowi, Masa Sih?

Jika ada bicarakan rapor merah Jokowi dibidang neraca perdagangan, kini ada tambahan lagi dari Kubu Gerindra alias Prabowo. Menurut Kepala Bidang Advokasi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra, Habiburokhman, memberika penilaian. Jika penegkan hukum, HAM,terorisme dan pemberantasan korupsi di era Joko Widodo layak diberikan rapor merah.

Soalnya menurutnya, di era Jokowi ini banyak sekali ketidakadilan dalam penegakan hukum. Dengan kata lain, hukum hanya tajam kepada orang yang mengkritik kekuasaan dan tumpul kepada yang baik dengan kekuasaan. Salah satu yang disinggungnya adalah kasus KPK.

Kasus mantan penyidik senior KPK, Novel Baswedan dianggap jadi contoh jika di era kepemimpinan Jokowi tak mampu mengungkap dalang tragedi penyiraman air keras ini. Tak terungkapnya kasus penyiraman air keras ini juga berdampak pada indeks persepsi korupsi di era Jokowi yang cenderung tidak ada peningkatan.

Terakhir, Habiburokhman menyinggung tentang radikalisme dan terorisme yang tak kunjung hilang di Indonesia. Menurut dia, hal tersebut juga membuat era Jokowi mendapat penilaian buruk dari masyarakat. Bahkan di artikel Kompas.com beberapa waktu lalu juga membahas rapor Jokowi di bidang HAM yang tidak ada perubahan.

Salah satu indikatornya adalah penuntasan sejumlah kasus pelanggaran berat HAM masa lalu yang tak kunjung direalisasikan. Pada masa kampanye Pilpres 2014, Jokowi berkomitmen menyelesaikan kasus-kasus pelanggaran berat HAM masa lalu dan menghapus impunitas.Komitmen tersebut juga tercantum dalam visi, misi, dan program aksi yang dikenal dengan sebutan Nawa Cita. Salah satu poin dalam sembilan agenda prioritas Nawa Cita, Jokowi berjanji akan memprioritaskan penyelesaian secara berkeadilan terhadap kasus-kasus pelanggaran HAM pada masa lalu.

Gimana menurutmu, Jokowi untuk urusan HAM layak dikasih rapor merah gak?
Sepertinya layak
Gak layak
205 votes

Komentar (3)

Fresh