Ketua KPU Jamin Esensi Debat, Yakin Pak? | OPINI.id
Ketua KPU Jamin Esensi Debat, Yakin Pak?

Pro kontra soal pembagian pertanyaan debat pilpres 2019 yang dibagikan sebelum acara berlangsung dijawab oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum yaitu Arief Budiman. Menurutnya, kisi-kisi pertanyaan yang diberikan kepada kedua kandidat yaitu Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandi sebelum pelaksanaan debat 17 Januari 2019 dimulai gak akan menghilangkan esensi debat.

Justru metodenya dianggap akan membuat debat pilpres 2019 makin menarik dibandingkan debat sebelum-belumnya. Soalnya dalam debat ini, ada dua metode guys yang diterapkan dalam empat empat segmen. Dua metode tersebut adalah metode terbuka, yakni kisi-kisi pertanyaan diberikan ke paslon sebelum debat. Sementara di dalam metode tertutup akan memungkinkan pasangan calon saling melempar pertanyaan.Dua metode lontaran pertanyaan itu menyediakan waktu yang lebih panjang bagi kandidat untuk berdebat. 

Walaupun paslon udah tau dari kisi-kisi debat, tapi mereka gak benar-benar tahu pertanyaan mana yang akan diajukan saat debat. Soalnya dari 20 kisi-kisi yang diberikan, hanya akan muncul 1 pertanyaan per 1 tema buat tiap paslon. Pertanyaan yang akan diberikan itu akan dipilih sendiri oleh paslon melalui sistem undian.

Jadi ketua KPU pun membantah jika ada pihak yang beranggapan kalau penyelenggaraan debat kali ini layaknya ujian sekolah, bahkan cerdas cermat seperti yang Fahri Hamzah bilang beberapa waktu lalu. Format debat Pilpres 2019, kata Arief, berbeda dengan ujian. Sebab, kandidat tidak dinyatakan selesai begitu menjawab pertanyaan, tetapi perlu ada penjelasan lebih lanjut atas pertanyaan yang diajukan moderator.

Oh iya buat kamu yang menanti-nanti acara ini, debat perdana akan disiarkan oleh empat lembaga penyiaran yaitu TVRI, RRI, Kompas TV dan RTV. Setelah selesai debat pertama, debat kedua pun rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 17 Februari, debat ketiga pada 17 Maret, dan debat keempat pada 30 Maret 2019 nanti. Sedangkan debat terakhir, tanggalnya belum ditentukan oleh KPU dan tim kampanye. 

Menurutmu, kebanyakan gak sih acara debatnya?
Kebanyakan
Ga, standar kok
28 votes

Komentar

Fresh