Elektabilitas Prabowo Bakal Lampaui Jokowi? | OPINI.id
Elektabilitas Prabowo Bakal Lampaui Jokowi?

Gerindra menanggapi hasil survei yang dilakukan lembaga survei Indikator Politik Indonesia soal Jokowi yang masih mengungguli Prabowo. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon, mengklaim bahwa bulan Januari 2019 ini, Prabowo akan mampu mengejar elektabilitas Jokowi.

Pihaknya yakin dalam bulan Januari ini pasangan Prabowo-Sandi bisa melampaui petahana. Fadli juga mencontohkan bahwa jika dalam survei, petahana berada dalam kisaran 52-53 persen, maka angkanya sebenarnya dikurangi 10 persen. Berarti elektabilitas Jokowi sebenarnya sudah di bawah.

Menurutnya tak perlu menunggu hingga tiga bulan, bulan Januari saja sudah pasti bisa terkejar, bulan Maret akan semakin solid dan akan semakin kompak. Hal ini diprediksi akan memperkuat kemenangan pasangan Prabowo-Sandi.

Apalagi, saat ini petahana hanya bicara hal yang 'itu-itu' saja. Lalu banyak juga janji yang tak dipenuhi yang menyangkut kesulitan langsung yang dirasakan masyarakat. Sehingga masyarakat tak bisa diberikan harapan-harapan karena harapan-harapan yang disampaikan 2014 lalu hanyalah harapan palsu.

Tak hanya itu, menurut Wakil Ketua DPR tersebut, tren elektabilitas petahana dalam survei sudah menurun. Sehingga seolah-olah elektabilitasnya tinggi padahal sudah rendah. Pasalnya saat ini banyak survei yang tak akurat. Karena itu, metodologi survei dianggap perlu dievaluasi. 

Apakah benar elektabilitas Prabowo bisa melampaui Jokowi dalam waktu satu bulan?
Ga yakin
Ragu-ragu
Bisa aja terjadi
797 votes

Komentar (1)

Fresh